Tapin Nyatakan Tanggap Darurat Corona

Rantau, KP – Pemerintah kabupaten (Pemkab)Tapin nyatakan tanggap darurat hadapi wabah corona atau Corpit – 19 di seluruh wilayah kabupaten Tapin.

Pernyataan tanggap darurat ini langsung disampaikan oleh bupati Tapin Drs. HM. Arifin Arpan, MM saat rapar koordinasi (Rakoor) bersama kepala SOPD di lingkungan Pemkab Tapin Senin (16/3/2020) kemarin di aula Balai Pertanian Terpadu kabupaten Tapin Jalan Jenderal sudirman Rantau.

“Kepada seluruh warga Tapin agar waspada dan jangan panik untuk menghadapi wabah corona yang kini suidah mulai beredar di wilayah kepulauan Indonesia dan juga sudah terjadi di Kalimantan,” ungkapnya.

Menurut bupati Tapin lagi agar kita semua waspada dan berhati-hati maka seluruh SOPD dan jajaran Pemkab Tapin agar segera membentuk tim dan Posko untuk mencegah dan bahkan kalaupun ada terjadi di kabupaten Tapin nantinya semuanya siap untuk bertarung dan berjuang untuk menghadapinya.

“Mulai hari ini kita perintahkan kepada SOPD terkait khususnya Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten, dinas Kesehatan dan Dinas PPKAD dan lainnya auntuk menyiapkan segala sesuatunya,” ungkap Bupati Tapin.

Berita Lainnya

Menkeu RI Berikan Penghargaan Ke Pemkab Tapin

25.000 Masker Dibagikan Untuk Masyarakat Tapin

1 dari 1.129
Loading...

Dijelaskan lagi oleh bupati bahwa setelah SK tanggap darurat kita buat dan tanda tangani hari ini maka besok tim sudah dilakukan rapat dan diskusikan apa-apa saja yang harus diperbuat dan dilakukan.

Bahkan bupati juga mengharapkan kepada tim nantinya dibuatkan baju seragam paling tidak berupa rumpi khusus kepada tim agar lebih dikenal oleh masyarakat untuk berlonsultasi dan berkoordinasi menyangkut masalah corona ini sehingga kalau ada ditemukan gejala atau tanda-tanda suspeck corona di daerah ini cepat ditangani.

“Saya menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak lah terlalu panik dan merasa takut, tetapi tetap waspada dan kalau bepergian keluar rumah agar memakai masker, cuci tangan paling tidak dengan sabun dan terlebih lagi pakai antiseptick,” ungkap Bupati Tapin.

Sementara itu pada kesempatan terpisah kepala Badan Pelaksana BPBD Tapin H. Said Abdul Naser, SSos menyatakan siap untuk membuat draf atau naskah Tanggap Darurat sesuai perintah bupati tadi, dan ia akan mengkoordinasikan dengan pihak bagian Hukum Setda Pemkab Tapin.

“Kita siapkan darf dan naskah tanggap darurat untuk wilayah kabupaten Tapin, dan segera disampaikan kepada bupati Tapin untuk ditanda tangani,” ungkapnya.

Sedangkan kepala Dinas Pendapatan, Pengeluaran, Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) kabupaten Tapin Drs. H. Samsi, MAP menginformasikan bahwa dana yang tersedia untuk penanggulangi bencana kedaruratan sudah ada tersedia sebesar Rp 1,5 miliyar dan siap untuk dikeluarkan tinggal perintah dan tanda tangan dari bupati. (ari/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya