Bang Dhin Usul Gunakan Genexpert

831

Banjarmasin, KP – Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin mengusulkan agar gugus tugas maupun rumah sakit menggunakan alat Genexpert untuk melakukan pemeriksaan kasus Covid-19.


“Ini adalah alternatif untuk mempercepat pemeriksaan kasus Covid-19 di Kalsel,” kata Syaripuddin saat pertemuan dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kotabaru, Selasa (28/04/2020).


Menurut Syaripuddin, alternatif ini terungkap saat berdiskusi dengan beberapa dokter di Kalsel, agar bisa mencari solusi mempercepat pemeriksaan Covid-19.

Berita Lainnya
Loading...


Apalagi dengan semakin meningkatnya kasus Covid-19 di Kalsel, sehingga memerlukan alternatif pemeriksaaan yang tersedia di fasilitas pelayanan kesehatan.
“Alat Genexpert ini sudah tersedia di hampir seluruh rumah sakit di Kalsel,” jelas Bang Dhin, panggilan akrab M Syaripuddin.


Diakui, sebenarnya alat Genexpert yang tersedia di kabupaten/kota untuk pemeriksaan TB, namun dapat digunakan sebagai alternatif pemeriksaan Vovid-19 dengan menambahkan catridge khusus.


Bang Dhin menambahkan, estimasi biayanya sekitar Rp1,5-Rp2 juta per pemeriksaan, dan hasil bisa diperoleh dalam waktu dua jam, sehingga sangat efektif dan efisien untuk kabupaten yang jauh dari pusat ibukota provinsi.


“Hasil yang cepat juga berdampak pada penanganan yang bisa lebih dini dilakukan,” jelas politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.


Kendati demikian, dikarenakan pemerikaaan bersifat infeksius, maka diperlukan standar laboratorium dan tentunya sudah harus terfikirkan ketika alat Genexpert di drop ke kabupaten tahun 2017an. (lyn/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya