Belasan Tenaga Medis Tabalong Negatif Corona

Tanjung, KP – Setelah melakukan tahapan rapid tes kepada 40 orang tenaga medis yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Penanganan Cornona Virus Disease 2019 (COVID-19) Kabupaten Tabalong, 13 orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien positif COVID-19, hasilnya negatif.

Hal itu, sebagaimana diungkapkan Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Tabalong, dr Taufiqurrahman belum lama tadi kepada sejumlah wartawan di Tanjung.

Menurut Taufiq, dari rapid test ke sejumlah tenaga medis, hasilnya negatif COVID-19, ini dilakukan  karena tenaga medis menjadi garda terdepan yang rentan terpapar COVID-19.

“Hasil rapid test petugas kesehatan yang kontak dengan pasien positif yakni Ulin 13, Alhamdulillah semua negatif. Begitu juga tenaga kesehatan lainnya juga negatif,” kata dr Taufiqurrahman.

Selain sudah melakukan tes 40 orang tenaga medis, Tim Gugus juga menyiapkan 120 buah rapid test untuk para ODP yang masih ada gejala corona.

“Yang dilakukan rapid test lanjutan adalah orang yang pernah kontak dengan pasien positif inisial Ulin 25 warga Muara Harus,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 167
Loading...

Diantaranya adalah 30 orang ODP warga Tabalong yang berangkat ke Gowa, juga tiga orang keluarga pasien positif, serta warga sekitar yang ikut kontak dan petugas medis yang sebelumnya sempat memeriksa pasien positif Ulin 25 dari Muara Harus.

Sebelumnya dr Taufiqurrahman juga menegaskan bahwa hasil rapid test bukan standar pasti dalam menetapkan positif atau tidak, tapi tetap berdasarkan swab test atau laboraturium.

“Rapid test kita lakukan sebagai langkah kewaspadaan untuk ditindak lanjuti penanganannya,” ujar juru bicara gugus tugas COVID-19 Kabupaten Tabalong yang juga menginformasikan bahwa pelaksanaan rapid tes hingga berita ini ditulis belum selesai sehingga belum bisa dilihat ahasil akhirnya.

Masih dalam upaya pencegahan sebaran COVID-19, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tabalong akan membubarkan kerumunan massa yang melebihi dari lima orang.

Pol PP Tabalong sudah mengeluarkan himbauan terkait dengan pencegahan pandemi COVID-19 di Kabupaten Tabalong dan sudah disosialisaskan kepada masyarakat.

Kepala Satpol PP Tabalong, Syamsul Hadi mengatakan pihaknya sesuai dengan tugas yang diemban akan menertibkan kerumunan. “ini dalam rangka kita mencegah penyebaran COVID-19 di Tabalong,”ujarnya.

“Kegiatan ini sudah kami lakukan setiap hari, bukan hanya diwilayah tengah saja tapi juga di selatan dan utara Tabalong,”terang Syamsul seraya berharap apa yang dihimbau dapat dipatuhi oleh masyarakat banyak sehingga wabah COVID-19 bisa segera berlalu dan kehidupan kembali normal seperti sedia kala.

Lebih lanjut Syaiful menjelaskan, bahwa upaya ini untuk memutus penyebaran COVID-19 di Tabalong. Namun pihaknya juga terkendala dengan sarana transformasi untuk menjangkau banyak wilayah di Kabupaten Tabalong. (ros/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya