Dua Penyandang Disabilitas Mental Asal Pulang Pisau Dipulangkan

249

Pulang Pisau, KP – Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Budi Luhur, Banjarbaru, Kalimantan Selatan memulangkan dua orang penyandang disabilitas mental (PDM) asal Kabupaten Pulang Pisau, tepatnya asal Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau.

Penyuluh BRSPDM Budi Luhur Banjarbaru, Sugeng Esa mengatakan, dua orang yang dikembalikan tersebut memang salah satunya untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran virus corona. Selain itu, kedua orang tersebut secara kejiwaan sudah bisa dilepas.

“Memang kalau secara keterampilan kedua orang ini masih belum bisa maksimal. Karena di Budi Luhur itu orang-orang seperti ini dilatih keterampilan seperti pengolahan batako, latihan memasak, salon dan sebagainya,” kata Sugeng, Senin, (6/4)

Dia menambahkan, setelah dilepas ini Sugeng meminta orang tua selalu memantau. Sebab kedua orang ini masih memerlukan obat.

“Seumur hidup mereka memang harus mengkonsumsi obat. Kami juga akan memantau perkembangannya bekerjasama dengan dinas sosial. Kalau nantinya gejala itu kembali maka akan dilakukan langkah selanjutnya,” ujar dia.

Sugeng mengungkapkan, pihaknya juga membantu dukungan kemandirian bagi mereka. Bantuan itu berupa uang dalam bentuk buku tabungan.

“Sifatnya kalau kami ini rehabilitasi. Penanganan kami lebih kepada bagaimana orang dengan gangguan mental ini bisa kembali ke keluarganya dengan memiliki keterampilan,” tandasnya. (Sgt/k-10)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya