HSS Bahas Kesiapan Pangan Menghadapi Ramadan dan Covid-19

Kandangan, KP – Komisi II DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama dinas terkait di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, melaksanakan rapat dalam rangka membahas persiapan dan ketersediaan pangan dan logistik, menghadapi masa penyebaran wabah corona dan menyongsong masuk bulan Ramadan, Rabu (1/4/2020) diruang sidang lantai 2 kantor DPRD HSS.

Ketua Komisi II DPRD HSS, Kartoyo mengatakan, pihaknya ingin mengetahui kesiapan HSS terkait pangan yang ada, apakah stok pangan di HSS mencukupi untuk 3 bulan ke depan. Sebab saat ini sedang dalam masa menyambut bulan suci Ramadan, serta wabah virus corona.

Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan, Setdakab HSS, Sasmi Rifani, mengatakan bersyukur stok pangan di Kabupaten HSS cukup tersedia untuk 3 bulan ke depan.

“Penanganan ke depan, apabila ada lockdown, pemerintah daerah sudah berencana menyediakan dana fisik untuk menjaga ketersediaan pangan,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.196
Loading...

Diungkapkannya, sekarang ini pemerintah daerah sudah memiliki stok beras di Bulog sebanyak 5.000 ton. Jika memang keadaan mendesak ujarnya, beras yang di bulog itu bisa disalurkan kepada masyarakat.

“Saya meminta Dinas Perdagangan selalu berkoordinasi dengan distributor, supaya kesediaan sandang pangan di Kabupaten HSS khususnya karena ada wabah covid-19 dan menjelang Ramadhan,” ucapnya.

Pada rapat itu, juga disimpulkan bahwa dinas terkait perlu memperhatikan jalur pengawasan distribusi. “Jangan sampai begitu ada dananya, kita mau beli tapi barang tidak ada ataupun ada barangnya tapi kita tidak bisa mengangkut,” ucapnya.

Dijelaskannya, apabila ada kemungkinan situasi terburuk semisal terpapar covid-19, pemerintah daerah siap mengalokasikan dana fisik, jika dalam keadaan benar-benar lockdown.

Rapat itu turut diikuti Kepala Dinas Perdagangan HSS Sudiono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS Akhmad Mawardi, Kepala Dinas Pertanian Muhammad Noor, perwakilan BPB Kesbangpol, dan para anggota Komisi II DPRD. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya