Membuat AK1 Di HSS Kini Bisa Online

Kandangan, KP – Membuat kartu pencari kerja (AK1) di Hulu Sungai Selatan (HSS), kini bisa dilakukan di rumah sendiri melalui online.

Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) HSS, membuka layanan itu untuk memberikan kemudahan kepada para pencari kerja, terutama dalam situasi wabah virus corona saat ini.

Teknisnya, pencari kerja membuka website yang disediakan di https://ayokitakerja.kemnaker.go.id/. Lalu, pilih opsi pendaftaran ‘sebagai pencari kerja’, selanjutnya diarahkan membuat akun dengan mengisi idenditas diri dan mengunggah foto.

Selesai mengisi data dan berkas yang diperlukan, pencari kerja tinggal mengambil AK1 ke kantor Disnakerkop UKP HSS, yang beralamat di Jalan Mawar nomor 66, Kandangan.

Kepala Disnakerkop UKP Kabupaten HSS, Hendro Martono menjelaskan, layanan pembuatan AK1 melalui online ini diterapkan menindaklanjuti status tanggap darurat Covid-19 di HSS.

“Jadi ini untuk mengurangi temu langsung dalam rangka pencegahan Covid-19 , serta peningkatan kualitas layanan Disnakerkop UKP HSS,” tuturnya, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya. 

Berita Lainnya
1 dari 1.203
Loading...

Sejak diterapkan pembuatan layanan AK1 online, disebutkannya sedikitnya sudah ada sekitar 10 orang sudah ada menerapkan sistem online itu.

Dia mengatakan, sistem pembuatan AK1 secara online itu akan terus diterapkan, meski nantinya wabah virus corona sudah selesai.

Meski pembuatan AK1 sudah bisa melalui online tambahnya, Disnakerkop UKP Kabupaten HSS masih tetap melayani pembuatan secara manual.

“Kalau warga tidak bisa online, pembuatan secara manual tetap dilayani. Bahkan, pembuatan secara manualpun hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit selesai, tanpa harus menunggu lama,” tuturnya.

Tercatat, pencari kerja yang membuat kartu AK1 di Disnakerkop UKP Kabupaten HSS, sampai akhir Maret 2020 lalu mencapai 287 lembar.

Hendro menegaskan, Syarat pembuatan AK1 cukup mudah dan gratis. Masyarakat cukup melengkapi persyaratan seperti fotokopi atau surat keterangan rekam e-KTP sebanyak satu lembar, fotokopi ijazah terakhir satu lembar dan pas foto ukuran 3×4 dua lembar. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya