Penyeberangan Pantang Baru – Dadahup Barito Kuala Dijaga Gugus Tugas

203

Marabahan, KP – Tim Gugus Tugas Kabupaten Barito Kuala (Batola) melakukan pemeriksaan suhu badan terhadap warga yang menaiki dermaga penyeberangan Desa Pantang Baru Kecamatan Tabukan.

Aksi pemeriksaan dilakukan sebagai upaya mencegah kemungkinan terjadinya penyebaran Virus Corona (Covid-19). Kebanyakan warga yang singgah di dermaga itu berasal dari Desa Muara Dadahup Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Mereka datang untuk berbelanja di Pasar Tabukan. Terlebih jika hari pasar setiap Senin jumlahnya bahkan mencapai seratusan orang.

Sehubungan merebaknya kasus Virus Corona belakangan, Tim Gugus Tugas Batola yang terdiri dari berbagai unsur seperti Pemkab, BPBD, TNI, Polri, Petugas Kesehatan, Satpol PP, Dishub, dan lainnya telah mendirikan Posko Pemeriksaan di dermaga belum lama tadi, Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor melakukan peninjauan di lokasi itu. Didampingi Sekretaris Gugus Tugas Akmad Mawarni, Koordinator Gugus Tugas Rusmadi dan Sumarno, serta Camat Tabukan Abdi Maulana, wabup memantau langsung kegiatan pemeriksaan suhu badan setiap warga yang singgah di dermaga itu. Wabup juga sempat membagi-bagikan masker kepada para pengendara, penumpang maupun warga sekitar.

Berita Lainnya

Wabup yang akrap disapa pak Rahmadi itu menerangkan, dilakukannya pemeriksaan di dermaga penyeberangan Desa Pantang Baru karena banyak warga luar yang datang, khususnya dari Desa Muara Dadahup untuk berbelanja. Terlebih jika hari pasar seperti Senin jumlahnya hingga mencapai seratusan orang.

“Di lokasi ini banyak warga yang menggunakan jasa penyebarangan dari Kapuas ke Batola dan sebaliknya. Mereka juga menggunakan kendaraan roda dua. Setiap pengendara sepeda motor maupun penumpangnya dilakukan pengecekan suhu tubuh melalui alat forehead thermometer,” tuturnya.

Rahmadi mengungkapkan, jika dalam pemeriksaan ditemukan suhu tubuh di atas 38 derajat atau lebih maka yang bersangkutan diperintahkan untuk kembali. Begitu pula sebaliknya jika dari Batola ada yang mengalami suhu tinggi juga diperintahkan tidak menyeberang.

“Aksi yang kita lakukan ini selain untuk meredam penyebaran Covid-19 juga untuk memastikan tidak terdapat warga yang memasuki wilayah Kalsel, khususnya Batola ada yang terpapar virus corona,” ucapnya.

Kepada masyarakat Kabupaten Barito Kuala, wabup berpesan, untuk selalu menjaga kesehatan, menjaga kebersihan, tidak melakukan perkumpulan-perkumpulan dan keramaian serta selalu mencuci tangan dengan sabun.(ag/KPO-1)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya