Bulog Sidak Gula Dipastikan Dijual Sesuai HET

Alhamdulillah harga-harga masih stabil walaupun jika ada naik namun masih dalam ajang toleransi jelang lebaran nanti seperti harga ayam, telur dan bawang,” jelas Arif.

BANJARMASIN, KP – Kepala Kantor Wilayah Bulog Divre Kalsel Arif Mandu bersama sejumlah stafnya melakukan sidak di puasa ke 21 ke Toko Pangan Kita Ady N Talu memastikan gula yang ditebar sebesar 1 ton per hari dijual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

Arif Mandu kepada wartawan, Kamis (14/5/2020), di Pasar Sentra Antasari mengungkapkan, ia bersama staf ingin memastikan gula yang gelontorkan sebanyak 1 ton per hari memang sudah digelontorkan di Toko Pangan Kita Ady N Talu memang dijual sesuai HET yakni hanya Rp 12500 per kilo.

“Hari ini kami monitoring harga-harga bahan pangan secara keseluruhan seperti migor, daging, telur, tepung dan ayam ras termasuk gula dan hari ini pihaknya memantau-mantau oulet toko pangan Dolog seperti milik Ady N Talu,’’jelas Arif.

“ Alhamdulillah harga-harga masih stabil walaupun jika ada naik namun masih dalam ajang toleransi jelang lebaran nanti seperti harga ayam, telur dan bawang,” jelas Arif.

Ia ingin jelang lebaran nanti harga gula bisa turun menjadi Rp 12500 makanya berapapun gula yang datang terus di suplay oulet-outlet resmi untuk bisa menekan harga gula yang masih dijual diatas Rp15.000 per kilo.

“Kendala kita dalam menyuplay gula yakni tempat dimana toko mereka juga terbatas ruangannya sehingga tidak bisa full 1 ton, namun bila sudah mau habis terus kita drof sebanyak mungkin,” ungkapnya.

“ Kita ingin di Pasar Antasari ini ada toko-toko pangan sebagai penyeimbang harga selama puasa hingga lebaran nanti, dengan harga sesuai HET ini sehingga harga pada toko yang lain bisa turun karena bila menjual masih harga tinggi akan ditinggalkan pelanggannya,” ungkapnya.

Berita Lainnya
1 dari 449
Loading...

Bulog ingin membantu warga banua dalam berlebaran nanti bahwa harga pangan yang mereka beli sesuai HET seperti gula, tepung, migor, beras dan daging diharga yang murah dan terjangkau apalagi saat ini sedang pandemi virus corona dan pemberlakuan PSBB.

Disinggung kondisi stok pangan gula saat ini, stok kita dinamis dan keluar terus ada sekitar 25 ton dan minggu ini masuk lagi 5 kontainer atau 125 ton tanggal 14 ini masuk lagi dan dari Jakarta juga ada lagi masuk sekitar 500 ton tanggal 16 artinya kebutuhan pangan dan gula mencukupi jelang lebaran Idul Fitri cukup.

“ Saya himbau kepada warga Banjarmasin jangan melakukan aksi borong untuk stok ketika melihat harga gula murah, beras murah, migor serta terigu murah dan pangan lainnya karena pangan kita cukup dan aman hingga lebaran nanti,” ingatnya.

Memang saat ini harga bawang merah sedang naik namun dalam tataran harga wajar dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Kalsel agar distributor besar dibawah binaannya bisa kendalikan harga bawang bisa normal kembali.

Ady N Talu owners Toko Pangan Kita kepada wartawan menambahkan, pihaknya merasa bersyukur dengan adanya pasokan gula sebanyak 1 ton dari dolog setiap harinya ditengah harga gula disini dijual antara Rp16.000 hingga Rp17.000 per kilonya.

Dengan adanya Dolog menjual harga murah ini tentu harga gula yang tinggi akan ikut turun dan semua pedagang disini bisa menjual sesuai ketentuan Rp12500 per kilonya.

Memang saat ini permintaan gula tidak terlalu tinggi dengan adanya covid 19 dan PSBB warga semakin sedikit yang kepasar berbelanja.

Ritta warga Kelayan B kepada wartawan menjelaskan, ia merasa terbantu sekali adanya gula Bulog seharga Rp12500 paling murah ini biasanya membeli Rp16.000 padahal sebagai pedagang kue basah memerlukan hingga 10 kilo perharinya saat Ramadhan ini. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya