Bupati Luncurkan BLT Dana Desa Warga Terdampak Covid-19

Martapura, KP – Pemkab Banjar melaunching Penyaluran Batuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), di Pendopo Bupati, Martapura, kemarin.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Bupati KH Khalilurrahman disaksikan Sekdakab Ir HM Hilman, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Syahrialludin, Camat Martapura Timur Achmad Junaidi.

Bupati Khalilurrahman menyambut baik pelaksanaan bantuan langsung tunai dana desa untuk keluarga penerima manfaat di pedesaan yang terdampak perekonomian karena Covid-19 ini.

”Bantuan langsung tunai dana desa ini bagi masyarakat yang belum mendapatkan program bantuan pemerintah, seperti PKH, bantuan pangan non tunai dan kartu pra kerja,” ucapnya.

Berita Lainnya
1 dari 574

Guru Khalil juga berharap bantuan yang diberikan ini bisa dimanfaatkan masyarakat sebaik-baiknya guna memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari serta mematuhi arahan pemerintah dalam rangka Pemberlakuan Pembatas Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Banjar.

Masing-masing penerima BLT DD menerima sekitar 600 ribu rupiah selama 3 bulan berturut-turut, pembayarannya dilaksanakan ditiap desa. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan paket ramadhan dari dana Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel untuk masyarakat yang berhak menerima dan terdampak Covid-19.

Sementara dalam realisasinya, sebanyak 135 KK di Desa Pingaran Ulu Kecamatan Astambul, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa, di kantor desa setempat.

Menurut Sekretaris Desa Pingaran Ulu, Ridho, penyaluran ini merupakan tahap pertama, yakni pembayaran April yang dibayar pada Mei 2020. Total penerima sebanyak 139 KK dengan nominal Rp600.000. “Jadi total yang dibayarkan tahap pertama Rp83.400.000,” imbuh Ridho.

Dijelaskannya, Desa Pingaran Ulu mampu mengalokasikan dana desa sebesar 30 persen dari pagu dana desa. Hadir pada penyaluran bantuan ini dari polsek, babinsa, babinkamtibmas, pendamping desa. Juga sekaligus pemasangan sticker secara simbolis. (wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya