Pemkab Bantu Korban PHK akibat Covid-19

Tanjung, KP – Melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tabalong, Pemkab Tabalong akan membantu warganya yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) bantuan berupa sembilan bahan pokok (sembako).

Sebagaimana yang diungkapkan Kepala Disnaker Kabupaten Tabalong H Syaiful Ikhwan S.IP M.Si, belum lama tadi bahwa berdasarkan data Disnaker Tabalong, hingga terakhir tanggal 4/5/2020 totalnya ada 300 orang yang sudah terdata. Di antaranya 172 orang yang dirumahkan dan 128 orang yang di PHK.

Menurut Syaiful Ikhwan, dari 300 orang tersebut sebanyak 15 orang terkonfirmasi sudah kembali bekerja. “Menurut data yang kami terima, dari 300 orang itu yang terkonfirmasi kembali bekerja sekitar 15 orang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pekerja yang di PHK dan dirumahkan bagian sektor subkon perusahaan tambang, angkutan, hiburan dan perhotelan.

Syaiful mengatakan, para pekerja yang di rumahkan dan di PHK itu mendapatkan bantuan sembako dari Dinas Sosial dan penyelurannya melalui Disnaker Tabalong. “Tahap pertama pekerja terdampak Covid-19 mendapatkan bantuan sebanyak 131 orang dari yang diusulkan,” sebut Syaiful Ikhwan.

Berita Lainnya
1 dari 172
Loading...

Terkait wabah Covid-19, Syaiful mengungkapkan bahwa Pemkab Tabalong terus berupaya melakukan penanganan virus Corona yang saat ini semakin meluas di berbagai daerah, dengan memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis dan dinas kesehatan.

“Pembuatan APD ini sesuai dari permintaan, dan peruntukan tahap ini BLK telah selesai melakukan penjahitan APD,” ujarnya.

Ia menjelaskan bantuan tersebut berjumlah 300 dan akan disalurkan segera ke dua lokasi yang mana di rumah sakit dan dinas pendidikan. Adapun perlokasi mendapatkan bagian 150 buah.

“Pembuatan APD pun dibagi menjadi dua kelompok, antara lain 100 APD dibuat Jikamaka, dan 200 APD sisanya di BLK,” terangnya.

Selebihnya, Syaiful mengungkapkan, kemungkinan bisa dilanjutkan pembuatan APD ke tahap selanjutnya. Adapun pembagiannya, jika beralamat Tabalong akan disalurkan lewat kecamatan, dan jika tidak berdomisi tetapi bekerja di Tanjung juga mendapatkan bantuan.

“Kemarin disalurkan kekelurahan Pembataan, tetapi kemarin kesulitan mencari orangnya akhirnya di drop ke disnaker dan akhirnya kita yang menghubungi,” demikian pungkas Syaiful. (ros/K-6)
 

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya