Rapid Tes Besar-besaran Demi Upayakan Tidak Ada PSBB

Pelaihari, KP – Pemerintah kabupaten Tala berencana menggelar rapid test massal guna menanggulangi pandemi Covid-19. Hal itu terungkap saat Bupati Tanah Laut H. Sukamta menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa kepada 90 warga yang terdampak Covid-19 di Kantor desa Bumi Jaya, Kamis (14/5/2020).

Langkah tersebut diambil pemkab Tala agar Bumi Tuntung Pandang tidak sampai melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pemkab berencana menggelar rapid test besar-besaran terhadap target-target yang sudah ditentukan. Kendati demikian, Sukamta mengimbau warga agar tak perlu khawatir jika hasil rapid test nya reaktif. Karena hasil tersebut belum tentu menunjukkan bahwa seseorang positif Covid-19.

Berita Lainnya

Paman Birin Berikan Apresiasi ke Politala

1 dari 226
Loading...

“Kita ingin memilah antara yang positif dan negatif, yang reaktif positif kita tarik ke Pelaihari (eks RSUD Hadji Boedjasin) untuk dikarantina, kemarin sudah datang 6000 alat rapid test,” ungkapnya.

Terkait dengan BLT dana desa sendiri, pihaknya ingin penyaluran BLT benar-benar tepat sasaran dan telah melalui proses, mulai dari usulan RT yang kemudian dimusyawarahkan bersama pemerintah desa untuk menentukan layak atau tidaknya seseorang menerima BLT tersebut. Sebab saat ini sesuai dengan instruksi pemerintah pusat, bahwa dana desa dipergunakan untuk tiga hal. Yakni BLT, penanganan Covid-19 dan padat karya.

“Jangan sampai ada warga berpenghasilan rendah tidak mendapat bantuan,” tutur Kamta.

Sukamta pun berpesan kepada warga desa Bumi Jaya agar jangan bepergian ke daerah transmisi lokal. Jika ada warga yang sudah terlanjur ke daerah transmisi lokal seperti Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala dan Tanah Bumbu agar segera melapor ke satgas desa untuk kemudian dilakukan pemeriksaan. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya