HSS Libatkan Tokoh Agama Sosialisasikan Bahaya Terorisme

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, bersama unsur Forkopimda, menggelar silaturrahmi bersama para pimpinan pondok pesantren (Ponpes) serta majelis taklim atau zikir, Jumat (26/6/2020) di Pendopo Kabupaten HSS.

Pertemuan itu, dimaksudkan mensosialisasikan dan menginformasikan mengenai bahayanya paham radikalisme dan terorisme.

Bupati HSS Achmad Fikry menuturkan, pihaknya merasa perlu melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, alim ulama, termasuk pimpinan ponpes serta majelis talim dan zikir dalam memberikan pemahamannya.

Hal itu tegasnya, bukan karena pelaku radikalisme yang terjadi beberapa waktu lalu, berasal dari ponpes atau pernah belajar di pondok. Melainkan terangnya, karena para alim ulama, pimpinan ponpes dan majelis, mampu memberikan pemahaman agama yang benar kepada masyarakat.

“Karena merekalah yang mampu memberikan pemahaman agama yang benar, serta meluruskan kembali bila terjadi penyimpangan,” jelas Achmad Fikry.

Pelibatan alim ulama dan tokoh masyarakat, merupakan amanah dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli, Amar saat berkunjung ke HSS beberapa waktu lalu.

“Saat bertemu dan duduk satu meja dengan Kepala BNPT Boy Rafli Amar, beliau berpesan agar dalam pencegahan dan menangkal penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Kabupaten HSS, selalu melibatkan para alim ulama, pimpinan ponpes serta majelis ta’lim dan zikir,” ungkapnya.

Berita Lainnya

Bupati HSS Siap Dukung dan Fasilitasi Kegiatan PCNU

Bupati Pimpin Rakor Lingkup Setda Kabupaten HSS

1 dari 287
Loading...

Kapolres HSS AKBP Siswoyo, dan Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, mengisi sebagai narasumber pada kegiatan itu.

Serta, Ketua MUI Kabupaten HSS M Ridwan Baseri dan Pimpinan Ponpes Dalam Pagar Kandangan Akhmad Syairazi, memaparkan paham radikalisme dan terorisme menurut Pandangan Islam.

“Radikalisme dan terorisme menurut ajaran Islam, adalah fitnah terhadap Islam dan umat,” ujar Ketua MUI Kabupaten HSS Muhammad Riduan Baseri.

Menurutnya, hal itu tidak sejalan serta bertentangan dengan ajaran Islam.

Acara itu, dirangkai dengan diskusi dan tanya jawab yang dimoderatori Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad.

Silaturahmi dilakukan bersama pimpinan ponpes serta majelis di wilayah Kecamatan Kandangan, Sungai Raya, Padang Batung, Loksado, Angkinang, Simpur, Kalumpang dan Telaga Langsat.

Sebelumnya pada Rabu (24/6/2020) kemarin, silaturahmi juga dilaksanakan untuk wilayah Kecamatan Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Barat.

Silaturrahmi itu, juga dihadiri Asisten Administrasi Pembangunan Kemasyarakatan Sasmi Rifani, para Camat, MUI Kecamatan Kandangan. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya