Jumlah Para Pencari Kerja di Barsel Meningkat

Buntok, KP – Para Pencari Kerja di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah akhir- akhir ini meningkat tajam, tercatat di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi tercatat sebanyak 677 orang.

“Jumlah tersebut adalah dari Januari 2020 hingga saat ini,” kata Dedy Harianto pejabat fungsional mewakili Kepala Disnakertrans Barsel lAgus In’yulius Jumat (12/06/2020) kepada media di Buntok.

Ia mengatakan, data pencari kerja tersebut berdasarkan jumlah masyarakat yang mengurus AK1 atau kartu kuning di Disnakertrans Barito Selatan ini.

“Masyarakat yang mengurus kartu kuning atau AK1 tersebut mulai meningkat pada saat memasuki kondisi new normal atau normal baru,” katanya.

Sebagian dari mereka diperkirakan merupakan terdampak Covid-19. Sebelum memasuki normal baru, jumlah masyarakat yang mengurus kartu kuning di Disnakertrans Barito Selatan hanya berkisar antara satu sampai dua orang saja dalam setiap harinya, sedangkan saat ini meningkat tajam.

Berita Lainnya
1 dari 107
Loading...

Menurutnya, lonjakan warga mengurus kartu kuning tersebut, karena mereka ingin mencari kerja pada normal baru di sejumlah perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Barito Timur, Barito Utara dan sejumlah kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara di Barito Selatan sebagian ada yang merekrut tenaga kerja dengan pekerjaan waktu tertentu saja, tambahnya.

Ada juga pada saat pandemi Covid-19 yang karyawannya sempat diliburkan, sekarang sudah ada yang kembali bekerja.

Selain itu Dedy Harianto mengharapkan kepada masyarakat yang sudah mengurus kartu kuning atau AK1 agar melaporkan kepada pihaknya apabila sudah mendapatkan pekerjaan.

“Karena hingga saat ini hanya ada 10 sampai 15 orang saja yang sudah melaporkan ke Disnakertrans Barito Selatan apabila sudah mendapatkan pekerjaan,” kata Dedy Harianto.

“Penyampaian laporan masyarakat yang sudah mengurus kartu kuning mendapatkan pekerjaan itu sangat penting, supaya Disnakertrans bisa mengetahui berapa jumlah pencari kerja yang sudah bekerja dan yang belum mendapatkan pekerjaan, imbuhnya.(yld/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya