Kolaborasi Banjarmasin Wujud Solidaritas Warga Bantu Terdampak Covid- 19

Kolaborasi ini mendorong setiap orang terlibat aktif membantu sesama, tidak hanya dibebankan kepada Pemerintah dalam pencegahan dan penanganan Covid-19

BANJARMASIN, KP – Kolaborasi Banjarmasin digagas pada tanggal 11 Mei 2020 oleh beberapa organisasi, lembaga dan perorangan. Gerakan ini merupakan bentuk Solidaritas dari Warga Banjarmasin untuk membantu warga lainnya yang terdampak Covid 19.

Kolaborasi Banjarmasin juga merasa bahwa setiap orang harus terlibat aktif membantu sesama, tidak hanya dibebankan kepada Pemerintah dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

Ada beberapa langkah yang dilakukan diantaranya:1. Pengumpulan Donasi , Sembako maupun barang preloved, 2. Pembentukan dan Pelaksanaan Dapur Umum, 3. Pembagian Makanan Siap Saji dan Sembako bagi warga terdampak.

Kolaborasi Banjarmasin pun dalam menjalankan sebuah gerakan berlandasan pada surat izin donasi dan pengumpulan barang dari Dinas Sosial Pemerintah Kota Banjarmasin dengan no : 460/91/Dayasos/V/2020

Dapur umum pertama di lima titik yang melipti Kelurahan Alalak Selatan, Belitung Utara, Mantuil, Sungai Baru,dan, dan Pemurus Luar. Bahkan Senin (13/05/2020) sekitar pukul 13.00 WITA hingga selesai, telah dilaksanakan pembentukan Dapur Umum (dapum) oleh Kolaborasi Banjarmasin dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat terdampak covid-19.

Sebagai langkah antisipasi dan untuk kontinuitas layanan kepada masyarakat, dengan tujuan dapum yang terbentuk akan bisa mandiri selama menjalani PSBB. Dana terhimpun oleh Kolaborasi Banjarmasin dan telah dibagikan ke beberapa titik, dengan harapan mampu menumbuhkan sikap kerjasama nan mandiri terhadap warga yang terdampak.

Khusus warga yang taat dalam pelaksanaan PSBB kiranya mampu mandiri selama PSBB Banjarmasin berlangsung, serta bisa berkesinambungan menjalankan program dapur umum untuk warga sekitar keberadaan dapum tersebut.

Berita Lainnya
1 dari 1.418
Loading...

Beberapa relawan Kolaborasi Banjarmasin juga turut serta dalam membagikan makanan siap saji. Sasaran pembagian makanan siap saji ini diutamakan kepada warga yang benar-benar membutuhkan, dan akan terus menerus setiap harinya hingga mampu mencakup keseluruhan warga.

Adapun yang berpartisipasi dalam Kolaborasi Banjarmasin adalah TP PKK KOTA BANJARMASIN, PATRIOT KOTA BANJARMASIN, NANANG GALUH KOTA BANJARMASIN, KAKI KOTA, DAPUR UMUM RAMADHAN DAMAI, LMI, IWAPI, PPLIPI, ACT, BAZNAS, MITRA TNI POLRI, KNPI, KAMMI,IDI KALSEL,PERSIT KARTIKA CHANDRA, KOPI, BEM STIE, INDOFOOD, BANK KALSEL, HALO KOPI, HASNUR CENTER dan Hasnur Group, PDAM Banjarmasin, LMI, YPM, Amanah mizan, Amanah, Influencer Banjarmasin, Rumah Amal Kita, SBI, Teh Poci, BEM STIE Indonesia, DW FK ULM, PINSAR dan, Partisipan lainnya.

Selanjutnya, beberapa tokoh Banjarmasin yang terlibar Hj Marwiyah (Kaltrabu), Dr dr Rudiansyah (IDI Kalsel), Eva Sitompul (Ketua Persit Kartika Chandra), Hj Aida Rosehan (Ketua Iwapi kota Banjarmasin), Nella Aftah (pengusaha), Cathrine Ambarsari (designer),Fahmi Refa ( Designer ), Hj Linda (Ketua PPLIPI), Hj Rusnawati Hermansyah ( Dharmawanita Dispora Provinsi) Hj Hardiyanti Arifin ( Dharmawanita PUPR Kota Bjm ), Hj Ellisa Subhan (Dharmawanita Bakeuda Kota Bjm), Noor Istilawati Handayani ( Dharmawanita PDAM Bandarmasih), Atha Santang ( Pengusaha),Fathurrahman (Ketua Forum Kota Sehat), Hj Wahti (Pengusaha), Nila Sulaiman ( Hasnur Group ), Zainab (PKK Provinsi), Siska Devina ( Afi Tour), Hj Uzlah (ketua APBMI), Hj.Hidayani ,SE, Wirdaningsih (Pengusaha), Hj.lies (owner Ratu cleans), Suharyanto (Bpost), Ratna Sari Dewi (TVRI), Diana Rosianti ( Duta TV ), Ika (CV Amanah), Dina (TVRI), Hj Nany Atminingsih (Pengusaha).

Selain itumasih banyak tokoh lainnya, selama pelaksanaan, Kolaborasi Banjarmasin berhasil menghimpun donasi sebesar Rp.166.794.483,- Dana tersebut merupakan dana yang diterima langsung Kolaborasi Banjarmasin, baik secara tunai maupun transfer antar rekening.

Begitu juga dana tersebut telah disebarkan kepada masing-masing penanggungjawab dapur umum untuk memenuhi bahan masak di dapur umum yang dibagikan kepada warga dalam bentuk makanan sehat siap saji.

Antusias donatur, membuat pihak Kolaborasi Banjarmasin menerima donasi berupa barang preloved untuk diuangkan sebagai dana tambahan untuk keberlangsungan dapur umum. Ada 65 pakaian yang diterima Kolaborasi Banjarmasin, dan sebelas diantaranya telah laku.

Kolaborasi Banjarmasin juga mendapatkan donasi langsung berupa paket barang siap antar yang ditujukan untuk warga. Sembako sejumlah 1026 paket juga diterima, sembako dari berbagai pihak.

Hasil Kolaborasi Banjarmasin dari program dapur umum sebanyak 18.731 bungkus makanan siap saji yang disebarkan di kawasan kumuh berat dan kumuh sedang di 52 kelurahan se Kota Banjarmasin. (vin/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya