Mendagri Siapkan Skenario Pilkada Saat Pandemi Covid-19

Palangka Raya, KP – Menteri Dalam Negeri (mendagri) menyatakan, meski bangsa ini tengah dilanda pandemi covid 19, pihaknya optimis Pilkada serentak di tanah air bisa terlaksana dengan baik.

Hal itu ia sampaikan saat memimpin Rakor secara virtual terkait Pemantapan Kesiapan Pilkada yang Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran, Rabu (24/6). Meski optimis, Mendagri minta daerah benar-benar mempersiapkan diri.

Karena itu peran KPU, Bawaslu maupun penyelanggara tingkat, bawah maupun data pemilih dapat dievaluasi kembali.

Berita Lainnya

Pengurus SMSI Kalimantan Resmi Dilantik

1 dari 270
Loading...

Pada acara yang diikuti Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalteng Agus Pramono dan Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalteng Agus Siswadi, Mendagri mengungkapkan Jadwal Pilkada dilaksanakan pada bulan Desember mendatang.

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, pihaknya optimis Pilkada akan tetap terlaksana di Bulan Desember Tahun 2020 dan sudah mempersiapkan berbagai skenario dan berbagai kemungkinan pelaksanaan Pilkada di masa Pandemi Covid-19.

Mendagri mengemukakan menekankan kepada 270 Daerah yang terdiri dari Provinsi, Kabupaten/ Kota, untuk segera memenuhi transfer anggaran kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Pihak pengamanan agar persiapan lapangan untuk memverifikasi data dapat memenuhi kebutuhan protokol kesehatan, seperti masker, baju hazmat, hand sanitazer dsb.

Untuk Kalteng sendiri pada Tahun 2020 ini akan dilaksanakan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Kotawaringin Timur. Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Kalteng bagi KPU telah direalisasikan sebanyak 43,00 %, Bawaslu 40,47 % dan pengamanan sedang dalam tahap koordinasi. (drt/k-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya