Pemkab Tala Terus Berupaya Tuntaskan Pandemi Covid-19

Pelaihari, KP – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut terus berupaya menuntaskan pandemi Covid-19, bahkan bertekad, pantang pulang sebelum Covid-19 hilang dan pantang rehat sebelum Covid-19 minggat.

Hal ini ditegaskan Bupati H Sukamta saat menyambut rombongan Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr Nico Afinta SIK, SH, MH, bersama Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, saat melakukan peninjauan Kampung Tangguh Banua di Desa Ambungan dan Desa Tirtajaya, Kamis (25/6/2020).

Bupati juga menyebut jika Pemkab Tala bersungguh-sungguh dalam upaya menyelesaikan pandemi ini. Saat ini, menurut Sukamta pihaknya sudah melakukan pemesanan PCR (Polymerase Chain Reaction), alat yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan Virus Corona melalui uji swab yang mengambil sampel cairan dari saluran pernapasan dan bagian tenggorokan.

“Insyaallah awal Juli barangnya sudah sampai di tempat kita sehingga untuk melakukan uji swab kita tidak tergantung lagi dengan balai di Banjarbaru”, ungkap Sukamta.

Sehingga, lanjut dia, penyelesaian Covid-19 di Kabupaten Tala lebih cepat dan bisa segera hidup normal sebagaimana yang telah direncanakan.

Sementara itu, Kampung Tangguh Banua Desa Ambungan dan Desa Tirtajaya adalah salah satu contoh desa atau kampung yang bertujuan membuat masyarakatnya mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya. Dua Kampung Tangguh yang mendapat kunjungan dari Kapolda, Danrem serta Assisten Bidang Pemerintahan Kalsel, H. Sugian Norbah ini menyuguhkan berbagai inovasi dan berbagai bentuk kegiatan yang menjadi persyaratan yang telah ditentukan agar desa tersebut bisa dijadikan sebagai Kampung Tangguh Banua.

Berita Lainnya
1 dari 227
Loading...

Inovasi tersebut, diantaranya pembuatan disinfektan, pembuatan masker, hasil kebun, hasil perikanan, dapur umum, ruang isolasi hingga menyaksikan peragaan simulasi pemulasaraan jenazah Covid-19 yang diperagakan oleh para relawan KTB Desa Tirya Jaya yang telah dilatih oleh Dinkes Tala bersinergi dengan Polres Tala dan Kodim 1009 Pelaihari serta BPBD Tala.

Kapolda Kalsel pada kesempatan ini sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan kampung tangguh yang terdapat di Kabupaten Tala. Menurutnya, kampung tangguh ditempat ini sudah menjalankan apa yang dicanangkan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Terus terang pak, ini adalah tempat pertama kali kami melakukan kunjungan, yang penting untuk menanggulangi ini adalah partisipasi masyarakat semua bisa merencanakan bisa membuat program namun yang paling penting justru adalah partisipasi masyarakat dan di sini Pak Bupati Tanah Laut luar biasa”, ujar Kapolda.

Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah juga mengatakan hal serupa, apabila seluruh lapisan masyarakat, aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama sudah bersatu maka apa yang direncanakan bisa dilakukan dengan baik.

“Saya yakin Tanah Laut siap hadapi Covid-19 dengan melihat kesiapan dari Kampung Tangguh Banua di Desa Ambungan dan Tirta Jaya ini. Kampung Tangguh Banua ini adalah merupakan jalan untuk kita bisa melawan Covid-19”, Ujar Danrem.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Kalsel beserta rombongan menyerahkan bantuan berupa Alat Pelindung diri (APD) dan Alat Kesehatan, bibit ikan sebanyak 10.000 serta 100 paket sembako yang diterima secara simbolis oleh tiga warga Desa Kampung Tangguh Banua Desa Ambungan dan Tirtajaya yang diserahkan oleh Bupati Tala, Kapolres Tala dan Dandim 1009 Pelaihari.

Kegiatan yang turut dihadiri Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi, S.I.K, M.H., Dandim 1009/Pelaihari Letkol Inf. Adi Yoga Susetyo, SH, MA., turut pula dihadiri Pimpinan Pompes Nurul Hijrah Jorong K.H. Muhammad Mukeri Yunus, Wakil Ketua Pengadilan Pelaihari, Perwakilan Kejaksaan Tanah Laut, Perwakilan DPRD Tanah Laut. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya