1.000 Unit Rumah Bersubsidi Dibangun di Balangan

Paringin, KP – Sebanyak 1000 unit rumah type 36 akan dibangun dikabupaten Balangan. Ini merupakan program Pemerintah Pusat bersama tim panitia Perumahan Nasional (Perumnas) yang akan membangun sejuta rumah bersubsidi dengan konsep pembangunan perumahan nasional berbasis sentra ekonomi baru (SEB) di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia.

“Salah satu dari program ini adalah Kabupaten Balangan dengan membangun 1000 rumah berbasis SEB,” ujar Rifqinizami Karsayuda Anggota DPR RI Dapil Kalsel saat melakukan peninjauan lokasi pembangunan 1000 rumah bersama Bupati Balangan H Ansharuddin, belum lama tadi.

Dia mengatakan, program pembangunan perumahan nasional ini adalah merupakan program yang dicanangkan oleh Bapak Presiden RI, Joko Widodo dengan konsep perumahan berbasis sentra ekonomi baru (SEB).

“Tujuannya untuk menopang perekonomian daerah, khususnya di Balangan,” katanya.

Rifqi menerangkan, program Jokowi melalui Kementrian PUPR ini, yang merupakan mintra kerja dari DPR RI memberikan posko anggaran dalam rangka penyediaan perumahan subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Dari 170.000 unit rumah yang dianggarkan untuk seluruh Indonesia pada tahun 2020 ini, Kabupaten Balangan mendapatkan 1.000 unit rumah.

Berita Lainnya
1 dari 273
Loading...

“Saya meminta khusus untuk Kabupaten Balangan sebanyak 1.000 unit. Serta sejak awal kami rancang dengan Bupati Balangan utamanya untuk kawan-kawan ASN termasuk PTT atau honorer di Kabupaten Balangan,” ucap Rifqi.

Ia berharap agar para ASN tersebut bukan hanya bekerja di Balangan, melainkan juga dapat menikmati fasilitas yang baik di Balangan.

Dalam implementasinya, perumahan ini direncanakan tanpa uang muka. Selain itu pembayarannya pun tak lebih dari 900.000 perbulan serta dalam jangka waktu 20 tahun.

“Jadi Insya Allah tidak membebani masyarakat. Terlebih saat ini juga belum diperbolehkan untuk membangun perumahan yang sifatnya dinas atau rumah jabatan,” imbuhnya.

Bupati Balangan, H Ansharuddin sangat senang sekali kabupaten Balangan mendapatkan jatah pembangunan rumah bersubsidi type 36 dari pemerintah pusat sebanyak 1000 unit rumah. Apalagi ini bertujuan untuk memfasilitasi ASN di ruang lingkup SKPD Balangan.

“Kami sudah melakukan clearing jalan selebar 24 meter. Selain itu pihak developer juga sudah menyiapkan lahannya,” ucap Ansharuddin.

Disebutkannya, akan ada beberapa tahap untuk rumah tersebut. Tahap pertama bangunan type 36.

Bahkan saat ini yang mendaftar untuk pembangunan rumah sudah mencapai 540 orang. Sementara lahan yang disediakan masih satu setengah hektar yang akan ditambah lagi sesuai kebutuhan sebagaimana rencana awal 1.000 unit rumah. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya