Anggaran Panjang Ruas Jalan Dipangkas

Banjarmasin, KP – Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin terpaksa harus memangkas panjang ruas jalan yang bakal dikerjakan.

Maklum saja, anggaran mereka juga ikut dipotong menyusul adanya realokasi anggaran yang dilakukan Pemko guna keperluan penanganan CoVID-19 dan penyesuaian anggaran di 2020 ini.

Kepala Bidang Jalan, Dinas PUPR Banjarmasin,  Candra mengungkapkan, dari hasil lima kali realokasi yang dilakukan, ada sekitar Rp 30 miliar yang dipotong dari anggaran di bidangnya.

“Di bidang jalan ini kan gabung sama PJU. Total anggaran semula Rp 90 miliar. Jadi yang tersisa Rp 60 miliar dari hasil lima kali relokasi. Ya sepertiganya dari total tergeser,” beber Candra.

Meski anggaran dipotong bukan berarti pihaknya menghapus kegiatan yang sudah direncanakan sejak awal. Terlebih jalan merupakan objek vital yang sangat dibutuhkan masyarakat. 

Solusi terbaik ujar Candra, adalah pengurangan panjang ruas jalan. Solusi ini diambil agar tak ada rencana yang dibatalkan. 

Berita Lainnya
1 dari 1.405
Loading...

“Alhamdulillah kegiatan tetap jalan. Tapi kami kurangi panjang ruasnya. Karena kegiatan itu hasil dari Musrembang usulan dari masyarakat,” terangnya.

Ambil contoh, rencana peningkatan trotoar di Jalan MT Haryono yang semula sepanjang 500 meter terpaksa dikurangi menjadi 300 meter. “Terpaksa dibangun lebih pendek dari awal karena menyesuaikan anggaran yang ada,” jelasnya. 

Selain itu Candra mengungkapkan, ada 18 paket proyek yang bakal segera dikerjakan. Dan saat ini proyek tersebut sebagian ada yang sudah memasuki tahapan lelang maupun masih dalam persiapan.

“Totalnya 18 paket yang dilelang. Di kota kita ini jarak jalan memang tak panjang. Tetapi tersebar. Ada yang satu paket itu sampai 20 ruas. Yang banyak jalan lingkungan hasil aspirasi masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut Candra meyakinkan, bahwa semua proyek tersebut akan segera dikerjakan, meski saat ini sudah merasuki pertengahan tahun. “Juni Juli ini sudah mulai masuk dan persiapan lelang. Kalau dihitung waktunya cukup saja,” katanya.

Candra juga meminta kepada masyarakat untuk tak khawatir, meski kondisi anggaran berkurang pembangunan infrastruktur khususnya jalan yang sudah masuk skala prioritas akan tetap dikerjakan. 

“Jadi jangan khawatir meski kondisinya seperti ini infrastruktur masih jalan. Tapi mungkin ada pemotongan ruas karena menyesuaikan anggaran tadi,” pungkasnya. (sah/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya