BSC dukung PMI yang kurang stok Pendonor Donor Darah tetap Membludak ditengah pandemi

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan PMI dan BSC (Bugar Sport Centre) tetap membludak, meski dalam situasi pandemic covid-19 yang belum mereda.

Banjarmasin, KP – Kegiatan rutin untuk mendukung PMI Banjarmasin, Donor darah yang dilakukan Bugar Sport Center (BSC) Banjarmasin tetap banyak peminat, paska diperlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah pandemi Covid-19. Para pendonor yang rutin menyumbangkan darahnya juga menerapkan protokol kesehatan, di Gedung Akademi Kebidanan Abdi Persada, Jalan Soetoyo S Banjarmasin.

“Kegiatan donor darah ini untuk kali pertama dilaksanakan semasa pandemi corona. Ternyata masih banyak yang bersedia menyumbangkan darahnya. Secara keseluruhan hampir mendekati target 150 kantong darah yang sudah terkumpul,” ungkap panitia pelaksana donor darah BSC, Yudha Pribadi kepada wartawan.

Semula, lanjutnya, donor darah BSC dijadwalkan pada April 2020. Namun situasi Covid-19 akhirnya mengalami penundaan dan baru sekarang terealisasi. “Kalau sebelum pandemi corona bisa tembus 200 kantong darah,” paparnya.

Berita Lainnya
1 dari 197
Loading...

Untuk pelaksanaan kali ini, lanjutnya, berbeda dari sebelumnya. Seluruh pendonor diwajibkan menjalankan protokol kesehatan. “Peserta donor wajib memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak,” jelasnya.

Agenda donor darah ini, ditambahkannya, tetap akan menjadi kegiatan rutin setiap tiga bulan sekali. “Dengan rutin mendonor darah, bukan hanya membantu sesama yang membutuhkan darah. Namun juga membuat kondisi tubuh lebih bugar dengan pergantian sel darah merah,” terangnya.

Untuk saat ini, kesadaran mendonor darah sudah semakin tinggi. “Dari semua kalangan datang untuk menyumbangkan darahnya. Termasuk atlet hingga masyarakat umum pun menjadi bagian donor darah BSC yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI),” imbuhnya.

Yudha Pribadi dan owner BSC Banjarmasin Ronald Gautama, mengaku sangat prihatin dengan kondisi saat ini, dimana kondisi pandemic tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda, karena setiap hari jumlah terpapar selalu bertambah dan yang meninggal karena covid-19 juga meningkat.

‘’Kita patut trenyuh karena Kalimantan Selatan tercepat se Indonesia dalam penambahan kasus covid-19, berada di atas DKI Jakarta dan Papua. Mudah-mudahan kondisi akan semakin membaik, sehingga suasana benar-benar normal kembali,’’ pungkas Ronald Gautama, yang juga menyampaikan terimakasihnya pada para pendonor yang rutin mendonorkan darah untuk menyelamatkan jiwa orang lain. (nets/nfr/k-9)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya