Dua Puluh Satu Positif, Enam Sudah Dinyatakan Sembuh

Banjarmasin, KP – 21 karyawan RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin dinyatakan terkonfirmasi positif CoVID-19 atau virus Corona. Ini hasil penelusuran yang dilakukan pihak manajemen rumah sakit.

Sebelumnya pemeriksaaan kesehatan melalui rapid test dilakukan kepada sekitar 427 karyawan rumah sakit milik Pemerintah Kota Banjarmasin itu secara bertahap. Dari dokter, tenaga keperawatan, pekerja laundry, hingga satpam tak luput dari rapid test. 

Hasilnya dari jumlah tersebut  ada sekitar 70 orang yang hasilnya menunjukkan hasil reaktif yang kemudian dilanjutkan pemeriksaan swab. Hingga Sabtu (11/07/2020) diketahui sudah ada 21 yang dinyatakan positif terpapar CoVID-19. 

“Jadi sampai sekarang ada 21 orang yang positif hasil swabnya. Dan kami sudah melakukan rapid test kepada seluruh pegawai termasuk security dan sebagainya,” ujar Dirut RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin, dokter Sukotjo Hartono melalui Kabid Pelayanan Medik yakni dokter Hj Asma’ul Husna.

Husna mengungkapkan, beruntung dari 21 yang positif enam diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Enam orang ini sudah dinyatakan negatif setelah melalui swab evaluasi sebanyak dua kali.

“Enam orang sudah sembuh karena hasil dua kali swab evaluasinya negatif. Kemudian sepuluh orang sudah dilakukan swab evaluasi pertama hasilnya negatif, dan masih menunggu hasil swab evaluasi kedua,” bebernya.

Sedang untuk lima orang lainnya hasilnya masih menyatakan positif. Untuk mereka yang sudah dinyatakan sembuh kondisinya kian membaika, bahkan siap untuk kembali bekerja.

“Kebetulan hasilnya baru  keluar,  kami koordinasikan dahulu dengan dokter yang menanganinya. kalau memang sudah aman, mereka siap kerja kembali,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.421
Loading...

Dia menambahkan bahwa sebanyak 21 karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, tidak ada yang menjalani rawat inap.

“Sejauh ini kondisi mereka rawat jalan saja, karena alhamdulillah banyak yang tidak begejala atau yang gejala ringan saja sehingga tidak sampai rawat inap. Tapi tetap kami monitor dan mendapatkan pengobatan,” jelasnya.

Disinggung mengenai pelayanan di RSUD Sultan Suriansyah setelah adanya karyawan maupun pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19, dia pun memastikan tetap berjalan.

“Untuk pelayanan tetap berjalan. Tapi memang bagian-bagian yang masih karyawannya diisolasi tentunya tetap disesuaikan kondisi pelayanannya sesuai keberadaan SDM yang ada,” tutupnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin yakni Machli Riyadi pun menegaskan bahwa pelayanan RSUD Sultan Suriansyah tetap buka.

“Tidak ada rencana penutupan, kami hanya mengganti tenaga yang terkonfirmasi positif itu dengan tenaga pengganti. Sudah kami siapkan dan kami rekrut,” ujar Machli.

Machli menambahkan meskipun ada karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19, namun pelayanan harus tetap berlangsung.

“Operasional harus tetap buka dan pelayanan juga, makanya kami mencarikan relawan penggantinya,” ujarnya yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Percepatan Penanganan CoVID-19 BaBanjarmasin. 

Machli pun menyebutkan bahwa pihaknya sudah menyalurkan tenaga relawan ini ke RSUD Ulin sebanyak 20 orang. (sah/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya