Kampung Wisata Banjarmasin Layak Jadi Objek Jual

Banjarmasin, KP – Kota Banjarmasin kini fokus mengembangkan sejumlah kampung untuk dijadikan kampung wisata, sehingga ibukota provinsi ini memiliki banyak obyek wisata.

“Karena daerah tujuan wisata tidak hanya bagi wisatawan, namun juga warga Banjarmasin yang ingin melihat kampung lainnya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, Ikhsan Al Haq, Jumat (3/7/2020), di Banjarmasin.

Hal tersebut diungkapkannya di sela gowes bersama Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin dan rombongan, mulai dari Menara Pandang di Jalan Piere Tendean hingga ke Kampung Biuku, di Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Menurut Ikhsan, olahraga bersepeda kini digemari masyarakat di tengah pandemi Covid-19, namun tujuannya hanya keliling kota, sehingga perlu alternatif tujuan untuk melihat kampung-kampung yang ada.

Berita Lainnya
1 dari 1.452
Loading...

“Makanya kita membenahi kampung yang ada agar bisa menarik masyarakat berkunjung, terutama yang bersepeda,” ujarnya.

Sementara itu, M Syaripuddin mengatakan, kondisi Kampung Biuku sangat bagus dan terkesan asri, bahkan cocok menjadi rest area atau tujuan masyarakat yang ingin bersepeda atau gowes.

“Lokasinya bagus untuk tujuan gowes, bahkan kalau bisa dibuatkan rute untuk menuju Kampung Biuku,” ujar Bang Dhin, panggilan akrab M Syaripuddin.

Saat meninjau Kampung Biuku, Bang Dhin juga menyarankan untuk menambah tanaman yang ada, sehingga kampung menjadi cantik dan asri. “Jadi bisa menarik minat masyarakat untuk berkunjung, terutama yang ingin gowes ke daerah pinggiran,” tambah politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Selain itu, juga menikmati hidangan khas kampung yang berada di pinggiran Kota Banjarmasin, yakni pais biuku, berupa pais pisang, namun tidak dikukus seperti biasa, melainkan dibakar. (lyn/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya