Kembangkan Pariwisata Disbudpar Pulpis Hidupkan Pokdarwis

Pulang Pisau, KP – Guna menghidupkan sektor pariwisata di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudapar) Kabupaten Pulang Pisau akan menghidupkan kembali kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang sudah terbentuk di sejumlah desa dan kelurahan di wilayah kabupaten itu.

Plt Kepala Disbudpar Pulang Pisau, Osa Maliki, Kamis (16/7) kepada sejumlah media mengatakan, sektor pariwisata saat ini mengalami kemunduran di tengah pandemi Covid-19. Dengan diaktifkannya kembali Pokdarwis ini diharapkan sektor pariwisata kembali hidup dan mampu memacu perekonomian warga di desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

Diterangkan Osa, Pokdarwis merupakan lembaga yang didirikan warga desa yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di wilayah desa mereka serta mewujudkan Sapta Pesona. Kepariwisataan ini diharapkan bakal meningkatkan pemabangunan daerah dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi warga desa.

“Saat ini telah terbentuk sedikitnya 15 Pokdarwis di kelurahan dan desa se-Kabupaten Pulang Pisau, ke depan di tahun 2021 mendatang kita berharap 96 desa 4 kelurahan bisa terbentuk dan aktif,” ujarnya

Berita Lainnya
1 dari 115
Loading...

Menurut Osa, masih banyak potensi pariwisata di wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang belum tergarap maksimal, seperti wisata kuliner dan wisata alam. “Wisata kuliner mencakup buah-buahan, makanan dan minuman khas produksi lokal, saat ini juga di wilayah Kabupaten Pulang Pisau sudah dibangun wahana wisata agro techno park (ATP) Harmoni Alam Nusa yang dikelola oleh swasta, kita akan dorong pengelola untuk mempromosikan wahananya,” katanya

Selain itu, lanjut Osa, penggiatan Pokdarwis di kelurahan dan desa ini dimaksudkan sebagai upaya memberikan dukungan atas ditunjuknya Kabupaten Pulang Pisau menjadi salah satu pusat ketahanan pangan nasional oleh pemerintah pusat.

Untuk mewujudkan pariwisata yang maju dan dikenal di ajang internasional, Osa mengatakan akan berkoordinasi dengan instansi terkait di lingkup Pemkab Pulang Pisau.

“Kita perlu dukungan dari semua instansi terkait, baik Dinas BPMD, Dinas Perindagkop, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas PUPR untuk menata infrasturktur kepariwisataan, sebab tidak mungkin Disbudpar bekerja sendiri tanpa dukungan instansi terkait, utamanya pihak legislatif dan pimpinan daerah,” pungkasnya. (sgt/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya