Manfaatkan Kemarau, Petani Budidayakan Jagung Pakan Ternak

Paringin, KP – Petani di Desa Baruh Bahinu Dalam dan Desa Murung Abuin, Kecamatan Paringin Selatan, memasuki musim kemarau memanfaatkan lahannya usai panen padi dengan menanam jagung pakan ternak.

Petani didampingi para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Paringin Selatan, melakukan giat tanam jagung pakan ternak seluas 5 hektare, dan akan dilanjutkan kemudian dengan luas hamparan 15 hektare yang tersebar pada beberapa desa di Kecamatan Paringin Selatan.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Paringin Selatan, Dahliati mengatakan, untuk kegiatan penanaman jagung pakan ternak jenis Varietas BISI 220 program tahun ini, seluas 15 hektare yang tersebar pada beberapa desa di Kecamatan Paringin Selatan.

“Untuk wilayah Desa Baruh Bahinu Dalam dan Desa Murung Abuin, terdapat lima hektare tanaman jagung pakan, yang pada tahun sebelumnya hanya mendapat program satu hektar saja,” beber dia.

Selain itu, tambahnya, setelah penanaman jagung pakan ini pihaknya akan selalu melakukan bimbingan serta arahan agar nantinya sampai berhasil.

“Dari cara melakukan pemeliharaan, baik itu pengendalian gulma, pemupukan, serta serangan hama penyakit, sampai pemanenan. Hal tersebut agar petani mampu mendapat hasil yang maksimal sehingga bisa menambah penghasilan petani,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 282
Loading...

Sementara itu Kepala Desa Baruh Bahinu Dalam, Sukarman menyampaikan, warganya sudah dua tahun ini melakukan penanaman jagung pakan ternak di wilayahnya.

“Sekarang ini sudah ada dua kelompok tani di Desa Baruh Bahinu Dalam, yang melakukan penanaman jagung pakan ternak, selain jagung pakan ternak warga juga menanam kedelai,” ujarnya.

Sukarman mengharapkan, dengan adanya budidaya jagung pakan ternak tersebut bisa menjadikan tambahan penghasilan bagi petani, terlebih di tengah wabah pandemi Covid-19 saat ini.

“Kita mengharapkan kedepannya bisa terus didukung oleh pemerintah daerah dalam pemberian Bibit, Obat, Pupuk, hingga peralatan bagi petani,” imbuhnya.

Terpisah , Kepala Dinas Pertanian Balangan, Rahmadi mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan petani di Desa Baruh Bahinu Dalam dan Desa Murung Abuin dalam memanfaatkan lahan memasuki musim kemarau.

“Apa yang telah dilakukan petani di dua desa tersebut juga bisa dicontoh petani petani di desa lain karena Jagung menjadi kebutuhan paling pokok bagi peternak,” ujarnya.

Dia meyakini, pemanfaatan lahan ini mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sebagai upaya pengentasan kemiskinan.

“Untuk itu, marilah kita manfaatkan lahan dimusim kemarau nanti untuk menanam komiditi yang menguntungkan seperti penanaman Jagung ini,’’ pungkasnya. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya