Oknum Anggota DPRD Barsel Sering Bolos

Buntok, KP – Ketua DPRD Barito Selatan, Ir.HM.Farid Yusran, MM tidak membantah saat dikonfirmasi sejumlah wartawan terkait adanya oknum anggota DPRD Barito Selatan (Barsel) yang sering bolos, bahkan sampai enam kali berturut-turut tidak mengikuti rapat paripurna.

Ditemui wartawan usai memimpin rapat paripurna ke-10, Farid Yusran mengatakan, sesuai tata tertib, seharusnya oknum anggota DPRD Barsel berinisial AN itu menyampaikan alasan ketidakhadirannya dalam rapat paripurna.

“Kalau tidak ada pemberitahuan serta alasan yang jelas tentunya yang mengurus persoalan tersebut adalah pihak Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD),” tandasnya.

Apalagi, kata Farid Yusran melanjutkan, anggota dewan berinisial AN ini memang sudah beberapa kali secara berturut-turut tidak hadir mengikuti rapat paripurna. “Bisa saja diusulkan untuk diberhentikan,” tegas Farid.

Seyogianya seorang anggota DPRD merupakan wakil rakyat yang diamanahi untuk menyampaikan sekaligus memperjuangkan aspirasi rakyat.

Karena dalam Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif digelar agar mereka yang terpilih menjadi perwakilan rakyat benar-benar memperjuangkan hak dan segala aspirasi masyarakat yang diabaikan pemerintah.

Berita Lainnya
1 dari 107
Loading...

Jadi, sebagai wakil rakyat, seorang anggota DPRD memiliki fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran.

Fungsi legislasi; DPRD berfungsi sebagai lembaga pembuat Undang-undang atau Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbub).

Sedangkan Fungsi Anggaran; DPRD adalah sebagai lembaga yang berhak untuk menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Dan Fungsi pengawasan; DPRD sebagai lembaga yang melakukan pengawasan terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang menjalankan Undang-undang atau Perda/Perbup.

Dengan seringnya anggota DPRD berinisial AN itu bolos mengikuti agenda DPRD setempat, maka dia tidak bisa mengemban amanah yang diberikan, termasuk tidak bisa menjalankan tugas dan fungsi sebagai seorang wakil rakyat.

Sementara, ketika awak media coba mengonfirmasi anggota dewan berinisial AN terkait ketidak hadirannya dalam rapat Paripurna beberapa kali lalu, dia berkilah karena kebetulan masih berada diluar kota, karena rumahnya di Jakarta, kilahnya. (yld/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya