Tanggal Masuk Sekolah Ajaran Baru Tergantung Walikota

Banjarmasin, KP – Sampai Senin (06/07/2020) sore kemarin, tanda-tanda penurunan jumlah pasien positif Covid-19 di Banjarmasin belum menunjukan hal yang menggembiarakan. Hal inilah yang akan menjadi peluang perubahan sistem pendidikan.

Disisi lain pemerintah pusat serempak menetapkan tahun ajaran baru pada 13 Juli 2020 mendatang sudah mulai masuk di sejumlah sekolah di Pulau Jawa. Namun apabila situasi terus memburuk, kemungkinannya menjadi Januari 2021.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Totok Agus Darmanto menerangkan belum ada keputusan resmi untuk menunda tahun ajaran baru.

Bahkan Pemko masih menunggu keputusan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dalam menetapkan waktu pembelajaran tahun ajaran baru. “Masih dikonsultasikan ke wali kota dan belum ada keputusan,” ujarnya, Senin (6/7).

Karenanya, Totok telah memperkirakan sejumlah skenario yang mungkin terjadi pada tahun ajaran baru selama pandemi Covid-19. Skenario ini dipastikan tidak di awal tahun ajaran baru yang ditetapkan pemerintah 13 Juli nanti. Namun mundur hingga semester 2 bulan Januari 2020.

Berita Lainnya
1 dari 1.452
Loading...

Asumsi itu, lanjut dia, setelah melihat penyebaran virus Corona di Kota Banjarmasin yang masih sangat mengkhawatirkan. Saat ini, sebanyak 52 kelurahan di Kota Seribu Sungai dikategorikan sebagai zona merah Covid-19.

“Usulan itu karena yang diizinkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan adalah daerah hijau,”ucapnya.

Terpisah, Walikota Ibnu Sina menegaskan bakal tetap menunda peserta didik turun ke sekolah. Kebijakan melarang belajar para pelajar secara tatap muka mengingat Banjarmasin masih diselimuti zona merah penyebaran Covid-19.

“Sama dengan ketentuan menteri pendidikan, tidak akan mengizinkan anak anak turun ke sekolah,” tegasnya.

Dengan begitu, Ibnu Sina menegaskan kebijakan agar para peserta didik belajar secara daring atau online diperpanjang. (vin/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya