Tekan Dampak Covid-19 Pemerintah Diminta Buka Lebar Peluang Ekspor

Banjarmasin KP – Sudah sekitar empat bulan lebih dampak pandemi virus corona (Covid-19) memporak porandakan semua sektor bisnis dan membuat perekomian serta perdagangan menjadi terpuruk.

Mengatasi terpuruknya berbagai sektor bisnis, perekonomian dan perdagangan itu, anggota DPRD Kota Banjarmasin, DR HC Yunan Chandra berpendapat diperlukan langkah-langkah terobosan nyata dan berani dari pemerintah.

“Dalam situasi yang belum pasti kapan berakhirnya virus corona ini, pemerintah seharusnya tidak boleh berpikir normal. Sebaliknya harus berani mengambil kebijakan lebih agresif dan terobosan agar seluruh sektor bisnis, perdagangan dan ekonomi negara ini segera bangkit kembali,” ujarnya.

Dalam perbincangan dengan (KP), kemarin, ia mengemukakan, salah satu kebijakan dan terobosan dilakukan adalah dengan membuka seluas-luasnya peluang berbagai komoditi ekspor.

Baik lanjutnya, berupa komoditi hasil pertanian, perkebunan, pertambangan dan sektor komoditi lainnya yang berpotensi mendatangkan pemasukan terhadap devisa negara.

Berita Lainnya
1 dari 3.205

“Bahkan jika boleh diibaratkan dalam mengatasi situasi sulit seperti dialami akibat dampak virus corona saat ini, tahi kuncing pun jika ada peluang dan permintaan kita ekspor asal mendatangkan devisa negara, “ujar Yunan Chandra anggota dewan dari Partai Nasdem ini.

Lebih jauh Yunan Chandra mengatakan, berdasarkan kajian Bank Dunia, IMF dan lembaga-lembaga riset ekonomi global menyatakan bahwa kontraksi ekonomi akibat pandemi virus corona menurunkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada angka yang sangat signifikan hingga minus 5, bahkan bisa lebih.

” Karena itu dengan segala konsekwensi plus minusnya sangatlah diperlukan langkah-langkah terobosan nyata dan berani dari pemerintah untuk mengantisipasi dan menanggulangi dampak situasi dan kondisi yang sedang dihadapi saat ini,” ujar anggota dewan yang berlatarbelakang segudang pengalaman dalam berbagai bidang usaha ini.

Meski demikian ia juga mengingatkan, ditengah usaha untuk membangkitkan kembali dunia bisnis, perekonomian dan perdagangan pemeritah harus tetap pokus mempercepat penuntasan wabah virus Corona.

Ditandaskannya, penuntasan wabah virus corona harus menjadi skala prioritas. Namun sebaliknya untuk membangkitkan kembali roda ekonomi juga tak kalah penting. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya