Tiga Tahun Diresmikan Pedagang Pasar Jorong Mulai Tempati Bangunan Pasar

Pelaihari, KP – Setelah tiga tahun diresmikannya pembangunan Pasar Jorong, akhirnya pada Kamis (23/7/2020) para pedagang sudah mulai menempati bangunan pasar. Hal itu terungkap saat digelarnya acara Batapung Tawar dan Syukuran atas ditempatinya bangunan pasar tersebut.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan Tala Syahrian Nurdin melaporkan bahwa pasar dan kios yang dibangun di Kecamatan Jorong tersebut memiliki 197 bak dan 34 kios. Bahkan untuk bak sendiri sudah terisi 160 pedagang.

Syahrian menegaskan, bahwa para pedagang tidak dipungut biaya apapun dalam berjualan di pasar tersebut. Pedagang hanya diminta membayar retribusi sebesar delapan ribu rupiah selama satu bulan untuk pendapatan daerah. Dirinya pun meminta masyarakat untuk melaporkan kepada pemerintah daerah jika nanti sewaktu-waktu terjadi pungutan liar.

Berita Lainnya
1 dari 224
Loading...

Sementara itu Bupati Tala H. Sukamta mengatakan, tugas pemerintah adalah memfasilitasi dan mendorong masyarakat dalam menjalankan usahanya. Salah satunya yaitu diwujudkan dalam pembangunan Pasar Jorong.

Terlebih pasar tersebut dibangun dengan uang negara, maka sudah selayaknya digunakan untuk masyarakat agar para pedagang nyaman dalam berjualan.

Sukamta pun meminta para pedagang untuk membentuk organisasi agar lebih memudahkan pemerintah dalam melakukan pembinaan. Seiring dengan adanya program pemerintah daerah dalam membantu permodalan para pedagang seperti program Gapura Karomah maupun Bunga 0%.

“Sampai hari ini kami (pemerintah daerah) sudah menyalurkan 6,8 miliar rupiah untuk pinjaman,” terangnya.

Turut berhadir Ketua DPRD Tala Muslimin, Asisten Bidang Ekobangkesra Tala Ahmad Hairin, Kepala Dinas Perhubungan Tala Gentry, Camat Jorong Alfan Rosidi Anwar. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya