Dapatkan SIM Ada Syarat Tes Psikologi

Banjarmasin, KP – Bagi masyarakat yang ingin membuat surat izin mengemudi (SIM) baru ataupun memperpanjang diwajibkan mengikuti tes psikolog.

Menurut Kasat Lantas Polresta Banjarmasin AKP Gustaf Adolf Mamuaya, tes psikolog sebagai persyaratan mutlak bagi semua pemohon baru dan perpanjangan SIM semua golongan, baik SIM A, B dan C.

“Test pskolog ini sebelumnya merupakan kewajiban bagi pemohon SIM Golongan B,” jelas Kasat kepada awak media, Selasa (4/08/2020).

Dikatakannya, tes psikolog sebagai syarat dalam pengajuan sim baru dan perpanjangan telah diamanatkan undang-undang.

Berita Lainnya
1 dari 868
Loading...

“Ujian psikologi ini bertujuan mengetahui kondisi kejiwaan pemohon saat berkendara di jalan raya, karena hal tersebut erat kaitannya dengan keselamatan berlalulintas,” ucapnya

Kasat mengungkapkan, soal-soal ujian tes psikologi bukan berasal dari Polresta Banjarmasin, akan tetapi berasal langsung dari Korlantas Mabes Polri atau Biro Psikologi Polda Kalsel. “Soal-soalnya bukan dari Pihak Polresta,” imbuhnya.

Di sisi lain, Gustaf mengatakan, selama Operasi Patuh Intan 2020 yang dilaksanakan pihak kepolisian, menyebabkan tingkat permohonan pembuatan baru dan perpanjangan SIM mengalami peningkatan.

“Selama Operasi Patuh jumlahnya meningkat. Rata-rata masing-masing 100 pemohon untuk SIM baru dan perpanjangan,” tutur Kasat. (yul/K-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya