Gubernur Paman Birin : Gerak Jalan HUT RI ke 75 dan Harjad Provinsi ke 70 bangkitkan semangat kebangsaan

Sebanyak 74 regu mengikuti gerak jalan HUT RI ke 75 dan Harjad Prov Kalsel ke 70, yang dilaksanakan Dispora Kalsel.

BANJARMASIN,KP – Gubernur Paman Birin meminta agar kegiatan gerak jalan memeriahkan HUT Republik Indonesia ke 75, dan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke 70 tahun 2020. Lebih membangkitkan semangat kebangsaan dengan menteladani para pendiri bangsa yang mengorbankan segalanya untuk Negara ini.

Gubernur Paman Birin mengutarakan hal itu melalui Sekda Prov Kalsel, HA Harris Makkie, saat meresmikan geraka jalan yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Prov Kalsel di Siring Nol km Jl Sudirman Banjarmasin.

Sebanyak 74 peserta ikut memeriahkan lomba gerak jalan dalam rangka memeriahkan HUT proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar pemerintah provinsi melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan di Siring Nol Kilometer Banjarmasin, Sabtu (8/8/2020) pagi dan Minggu sore (9/8/2020).

Berbeda dengan tahun sebelumnya peserta gerak jalan kali ini dibekali dengan alat pelindung seperti face shield dan masker untuk memenuhi kewajiban protokol kesehatan.

Kadispora Kalsel Hermansyah, didampingi Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora, HM Nasir dan Kabag Pembudayaan, Budiono, menjelaskan lomba kali ini juga dengan formasi hanya satu barisan saja untuk jaga jarak.

“Jadi walau di tengah pandemi covid 19, Alhamdulillah kita masih bisa menggelar lomba tahunan ini namun harus memenuhi protokol kesehatan,” kata Hermansyah.

Adapun peserta yang ikut sebanyak 74 peserta yang terdiri dari peserta Sekolah Dasar (SD) sebanyak 8 lalu tingkat SMP ada 15 peserta, 31 regu peserta kelompok SMA dan 11 peserta kelompok TNI dan Polri.

“Ada katagori dewasa, dewasa putra dan dewasa putri juga,” tambah dia.

Berita Lainnya
1 dari 226
Loading...

Hermansyah sendiri mendapat kesempatan melepas peserta dari kelompok sekolah dasar. Sementara pada siangnya Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang diwakili Sekdaprov Kalsel Haris Makkie melepas peserta SMP dan SMA.

Sementara Minggu pagi giliran katagori dewasa putra dan putri yang banyak diikuti Anggita TNI dan Polri dengan jarak 23 kilometer.

Kapala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, M Nasir menambahkan gerak jalan 17, 8, 45 Kilometer itu jaraknya dipangkas karena Pendemi covid 19.

“Jadi semua dipangkas yakni hanya jadi 8 km, 4 km, 23 kilo meter, dimana semula tahun tahun sebelumnya sejauh 17 km, 8 km dan 45 km,” papar dia.

Sementara hadiahnya sama dari tahun sebelumnya yakni Rp212.500.000, serta memperebutkan piala gubernur,” jelas Budiono, Panitia Pelaksana Gerak Jalan HUT RI dan Harjad Prov Kalsel 2020.

Terkait protokol kesehatan, ini pun telah diatur yakni jarak 1-1,5 meter untuk masing-masing peserta, membawa tim medis, dan wajib pakai face shield, serta pengecekan suhu tubuh, dan pernyataan tim bertanggung jawab penuh terkait kesehatan peserta yang dibawanya.

Kriteria penilaian adalah, ketepatan waktu, keutuhan regu, semangat, disiplin, kerapian dan kekompakan.

Ketua PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) Kalsel, DR H Sarmidi,M.Kes menilai, jarak tempuh untuk anak-anakSD, sepanjang 4 km, cukup bagus, karena semua peserta masuk garis finish dalam keadaan tetap bugar, beda ketika menempuh jarak 8 km, masuk finish agak loyo dan jumlah regu berkurang.

‘’Saya kira untuk anak ini SD bisa saja jarak 4 km dipermanenkan, sehingga jumlah peserta bias semakin banyak dan semarak,’’ pungkas mantan Sekretaris Umum KONI Kalsel selama beberapa priode ini. (nets/nfr/k-9)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya