Hindari Mafia, BPN Bagikan Sertipikat Tanah

Marabahan, KP – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Syahbirin Noor Me-launching Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Mafia Tanah dan Penyerahan Sertifikat Tanah secara daring melalui sambungan Video Conference (Vicon) di Gedung Idham Chalid Perkantoran Setdaprov Kalsel Banjarbaru,belum lama ini.

Bagi Kabupaten Barito Kuala (Batola) Vicon diikuti Pj Sekda H Abdul Manaf didampingi Kabag Pemerintahan Setda Batola Dahtiar Fajar, serta unsur terkait lainnya di ruang Monitoring Centre Setara Network Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batola.

Dalam acara, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin menyerahkan 12 ribu sertipikat tanah gratis kepada masyarakat. Barito Kuala diwakili seorang warga Desa Indah Sari Kecamatan Mekarsari, Yusuf.

Selain membagikan sertipikat tanah Gubernur Sahbirin Noor didampingi Kakanwil BPN Kalsel Alen Saputra juga membuka Sosialisasi Pencegahan Mafia Tanah.

Berita Lainnya

Batola dan Kejari Jalin Kerjasama Penanganan Hukum

Kodim 1005 Luncurkan Tim Mobile

1 dari 168
Loading...

“Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat pemilik tanah agar mendapatkan kepastian hukum atas aset tanah yang dimiliki,” papar gubernur.

Gubernur mengimbau, para kades agar taat prosedur dalam memberikan surat keterangan tanah (SKT). Selain itu para kades juga diharapkan taat terhadap prosedur dan ketentuan  guna menghindari terjadinya tumpang tindih kepemilikan.

Dengan demikian diharapkan tidak menimbulkan masalah hukum dan menyulitkan BPN dalam membut sertipikat nantinya.

Kakanwil BPN Kalsel Alen Saputra mengutarakan, target tahun ini terdapat 116.500 bidang tanah. Sedangkan untuk mengantisipasi mafia, sebutnya, maka dilakukan sosialisasi untuk masyarakat dalam memanfaatkan tanah dan mengurus surat serta tanda batas maupun sertipikat.

“Ada sosialisasi untuk masyarakat memanfaatkan tanahnya dan mengurus surat dan tanda batas serta sertipikat, sehingga mengurangi mafia tanah beraksi,” ucapnya.

Barito Kuala memang berkomitmen dalam mensukseskan program pemerintah yaitu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang digagas Presiden Joko Widodo. Batola sendiri telah menyerahkan 417 sertipikat tanah gratis kepada masyarakat, termasuk 117 sertipikat yang dibagikan di kegiatan ini. (ang/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya