Jajaran Kehutanan Harus Mampu Tekan Karhutla, Tingkatkan PAD

Untuk mampu menekan Karhutla dan meningkatkan PAD, diperlukan kerjasama, dan hamonisasi dengan pemangku kepen-tingan, bahkan mitra kerja, sehingga memiliki efek domino dalam perekelonomian daerah, melalui sinkronisasi antara pusat dan daerah.

PALANGKA RAYA, KP — Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengharapkan agar jajaran Kehutahan, mampu menekan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla), namun disisi lain meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu ia sampaikan saat membuka Rakor Tehnis Kehutanan se Kalteng, diwalili Sekda Fahrizal Fitri, Rabu (12/8).

Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan untuk mencapai dua hal itu, perlu optimalisasi peran Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) sebagai ujung tombak di lapangan dalam implementasi dan pelaksanaannya.

Pada acara yang berlangsung di Aula Dinas Kehutanan Prov. Kalteng, ditegaskan melalui Rakornis itu, rencana pembangunan sektor kehutanan dapat direncanakan bersama.

Tentunya membutuhkan kerjasama, dan hamonisasi dengan pemangku kepen-tingan, bahkan mitra kerja, sehingga memiliki efek domino dalam perekelonomian daerah, melalui sinkronisasi antara pusat dan daerah.

Berita Lainnya
1 dari 305

Dipaparkan, pada Rakornis itu dapat melakukan evaluasi hasil pembangunan sektor kehutanan selama ini.

Berikut mengiventarisasi apa kendalanya, guna mencari jalan keluarnya secara bersama, sehingga sektor kehutanan bisa memberikan pendapatan bagi daerah berupa PAD, maupun bagi hasil dari kehutanan.

Pada kegiatan itu hadir secara virtual Narasumber dari Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenerian Keuangan, Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK.

Rakornis mengambil thema “Optimalisasi Peran KPH Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Hutan, dan Pengendalian Kebakaran Hutan di Kalteng, diikuti para Kepala Bappeda kab/ kota se Kalteng, Kepala UPT KLHK di wilayah Kalteng, Kepala UPT KPH se Kalteng, serta para tamu undangan lainnya.

Rakornis tahun 2020 ini mengambil tema “Optimalisasi Peran KPH Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Hutan dan Pengendalian Kebakaran Hutan di Provinsi Kalimantan Tengah”.

Pada kegiatan yang dipandu Kepala Dinas Kehutanan Kalteng Sri Suwanto itu, ikut hadir Korwil UPT KLHK Prov. Kalteng Toni Rianto, serta para tamu undangan lainnya. (drt/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya