Dukung Food Astate, Alsintan Mulai Berdatangan di Pulang Pisau

Pulang Pisau, KP – Dalam rangka mendukung program food estate atau program ketahanam pangan nasional di Kabupaten Pulang Pisau, puluhan alat mesin pertanian (Alsintan) mulai berdatangan di Kantor Dinas Pertanian Pulang Pisau. Dari pantauan Palangka Express, puluhan Alsintan berupa alat olah lahan, seperti, jonder, hand traktor dan roda 4 tersebut sejak sepekan terakhir, sudah tiba di kantor Dinas Pertanian setempat menggunakan container.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto membenarkan jika sepekan terakhir ini pihaknya menerima bantuan kiriman dari Kementrian Pertanian RI berupa puluhan alat mesin pertanian (Alsintan), berupa alat olah lahan, diantaranya hend tlaktor R4 guna mendukung pelaksanaan program food estate 10 ribu hektar pada musim tanam September 2020.

” Alsintan ini dalam rangka mendukung pelaksanaan program food estate 10 ribu hektar di Kabupaten Pulang Pisau pada musim tanam bulan September 2020 ini, ” kata Slamet, di ruang kerjanya, kemarin (12/8).

Berita Lainnya

BPBD Gelar Rakor Penanganan Darurat Karhutla

1 dari 112
Loading...

Alsintan menurut Slamet, merupakan sebutan untuk semua alat dan mesin yang digunakan dalam usaha dibidang pertanian. Alsintan ini mutlak sangat dibutuhkan dalam pembangunan pertanian melalui peningkatan teknologi tepat guna, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi pertanian.

Peran Alsintan ini kata Slamet, dalam pengembangan pertanian bukan sebatas proses budidaya dan pascapanen, tetapi juga bagi pengembangan proses hasil panen menjadi aneka produk tambahan.

” Adanya Alsintan ini diharapkan menjadi pemicu tranformasi teknologi kepada petani menuju pertanian modern. Teknologi mekanisasi tersebut diharapkan dapat mencakup dari hulu sampai hilir sehingga tidak hanya meningkatkan produksi, akan tetapi juga kesejahteraan para petani, ” tandasnya. (sgt/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya