Menjelang HUT RI Ke-75, Sukamta Resmikan Diklat Paskibraka

Pelaihari, KP – Pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 2020 ini sangat berbeda akibat pandemi covid-19 yang belum menunjukkan ke arah akan segera berakhir, hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tanah Laut H. Sukamta dalam sambutannya saat membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Gedung Serantang Seruntung Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut pada Sabtu (8/8/2020) pagi.

“Bahkan belakangan muncul cluster-cluster baru, tentu keadaan ini menuntut kita agar senantiasa berikhtiar dengan melaksanakan protokol kesehatan, tidak terkecuali dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang hanya tinggal menghitung hari,” tegas Kamta.

Lebih lanjut Ia mengatakan sesuai pedoman dari Menteri Sekretariat Negara Republik Indonesia yang menjelaskan bahwa jumlah Pengibar Bendera Pusaka hanya tiga orang saja, namun Sukamta mengambil sebuah kebijakan agar dengan maksud tak mengurangi makna dari perayaan tersebut walaupun dalam suasana pandemi covid-19.

“Tiga orang pengibar, satu orang pembawa baki didampingi pengawalan dari TNI dan Polri masing-masing dua orang, tanpa mengurangi makna dari Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pembatasan ini harus kita lakukan,” urai Kamta.

Berita Lainnya
1 dari 227
Loading...

Sukamta juga mengimbau kepada seluruh peserta Diklat agar pandemi tersebut harus dilihat dari sudut pandang yang berbeda sehingga dapat membangkitkan semangat nasional .

“Mari kita refleksikan lagi betapa dahulu kita merdeka juga dalam keadaan yang susah, serba terbatas dan serba kesulitan, kita contoh semangat para pejuang kita saat proklamasi 17 Agustus 1945 dan ditengah kesulitan ini kita justru harus menjadi satu kesatuan yang utuh serta saling membangun tanggung jawab,” tutup Kamta.

Usai menyampaikan sambutannya Sukamta lantas membuka secara resmi kegiatan Diklat tersebut ditandai dengan pengalungan id card kepada dua orang perwakilan peserta.

Diketahui ada delapan orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan menjalankan tugasnya pada tanggal 17 Agustus mendatang, jumlah tersebut akan dibagi menjadi dua tim yakni untuk pelaksanaan Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih, para peserta Diklat tersebut akan dilatih oleh tiga orang pelatih yakni dua orang pelatih dari TNI dan satu orang dari Polri serta akan didampingi oleh satu orang tenaga medis.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut turut serta berhadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tanah Laut, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tanah Laut serta para Pejabat Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya