Mewarisi Semangat Kejuangan, di Balik Makna Gerak Jalan

Memperingati Dirgahayu ke 75 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke 70 Provinsi Kalimantan Selatan, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Lomba Gerak Jalan di Siring 0 KM Banjarmasin, Sabtu (8/8).

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, H Abdul Haris Makkie mengatakan, pelaksanaan kegiatan gerak jalan ini tidak hanya sekadar kalender tahunan atau acara seremonial saja. Tetapi ada makna yang lebih jauh di dalamnya.

“Karena itu, ini tidak hanya sekedar seremoni atau rutinitas melaksanakan gerak jalan. Tetapi kita ingin mewarisi semangat kejuangan dari para pejuang-pejuang kita, para pendiri bangsa kita,” kata Haris saat membacakan sambutan Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin.

Menurutnya, konteks pelaksanaan gerak jalan ini adalah semangat kejuangan dan semangat untuk tegak berdiri sebagai sebuah bangsa yang merdeka dan harus menjadi bagian dari kehidupan kita semua sebagai anak bangsa.

“Sehingga negara dan bangsa ini dapat berdiri sejajar dengan negara-negara yang sudah maju. Kita ingin negara kita maju diatas kakinya sendiri,” tuturnya.

Untuk itu, Haris menambahkan, semua itu memerlukan gotong-royong. Karena menurutnya, tidak ada pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan kalau semua mau melakukan secara bersama-sama.

Berita Lainnya

Tangani Pandemi Jadi Fokus Program Haris-Ilham

1 dari 1.022
Loading...

“Kita tidak boleh saling menyalahkan, tidak boleh saling melemahkan. Tetapi kita bergotong royong dalam satu kesatuan di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” lanjut Haris.

Ia juga berharap, melalui gerak jalan ini dapat menjadi wahana untuk menjalin dan mempererat silaturahmi, memupuk kebersamaan, persatuan dan semangat untuk keluar dari bencana wabah covid-19.

“Semoga kita dapat segera mengakhiri masa-masa sulit akibat pandemi covid-19 ini, sehingga kita dapat kembali ke kehidupan seperti sedia kala dan dapat kembali berjuang mewujudkan cita-cita para pejuang dan pendiri bangsa ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Hermansyah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyemarakkan Hari Proklamasi Republik Indonesia ke-75 sekaligus Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-70.

“Ini menandakan, bahwa kita sebagai warga negara Indonesia tetap semangat menggelorakan kemerdekaan dengan lomba gerak jalan yang diikuti seluruh lapisan masyarakat dan dilaksanakan selama dua hari,” katanya.

Ia menuturkan, walau di tengah pandemi Covid-19 tetap bisa melaksanakan kegiatan lomba gerak jalan dalam memeriahkan 17 Agustus dan kegiatan ini sudah sesuai edaran yang disampaikan sekretariat negara yakni dengan melaksanakan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah kita sudah melaksanakan protokol kesehatan untuk kegiatan lomba gerak jalan seperti siapkan tempat cuci tangan, pakai masker dan face shield,” pungkas Herman.

Adapun kegiatan lomba gerak jalan ini belangsung selama dua hari dan diikuti 74 regu, dari tingkat SD ada 8, SMP ada 15, SMA ada 22 dan ada yang dewasa putra dan putri. (adpim/K-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya