Paman Birin : Fasilitasi Pembentukan KTB Pekapuran Raya

Banjarmasin, KP – Pemprov Kalsel memfasilitasi pembentukan kampung tangguh banua (KTB) di Kelurahan Pekapuran Raya Banjarmasin.

Pemilihan Pekapuran sebagai KTB mengingat daerah itu sebagai salah satu zona rawan Covid 19 di Banjarmasin.

“Pembentukan pembentukan KTB Pekapuran Raya merupakan arahan langsung Bapak Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor,” ungkap H Muhari, Kasubid Kesiapsiagaan BPBD Kalsel saat meninjau ke Kelurahan Pekapuran Raya, Senin (10/8) siang.

Dituturkannya, Paman Birin, sapaan familiar Gubernur Kalsel secara khusus memberikan arahan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid Kalsel untuk mengerahkan segala sumber daya dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid 19.

Salah satunya adalah memfasilitasi pembentukan KTB di Pekapuran Raya. Ini sebagai upaya penerapan protokol kesehatan berbasis lingkungan sekaligus memutus mata rantai penularan di daerah perkotaan.

Tim Gugus Tugas Provinsi saat ini melakukan pemantapan pembentukan kampung tangguh di Pekapuran Raya bersama TNI/Polri, kelurahan, Puskesmas, dan tokoh masyarakat setempat.

Dukungan Pemprov secara konkret dilakukan dengan mengalokasikan anggaran mengingat perekonomian masyarakat setempat yang Terdampak wabah Covid 19.

Berita Lainnya
1 dari 1.157

“Jadi berbeda dengan KTB lainnya yang dibiayai secara mandiri oleh kelurahan/desa setempat ,” tambah Muhari.

Alokasi anggaran digunakan untuk pembentukan posko Covid 19 serta kebutuhan logistik kampanye protokol kesehatan.

Dengan dibentuknya KTB Pekapuran Raya, diharapkan dapat menjadikan Pekapuran Raya sebagai zona hijau. Karena itulah, Muhari berharap dukungan masyarakat, Pemko Banjarmasin serta para pelaku usaha.

“Insyaallah dalam waktu dekat KTB Pekapuran Raya terbentuk 100 persen dan akan ditinjau Walikota Banjarmasin, Kapolres serta tim Gugus Tugas Provinsi,” kata Muhari.

Kepala Puskesmas Pekapuran Raya dr Widi Utami mengatakan saat ini kasus Covid 19 di Pekapuran Raya menurun drastis setelah sempat jadi daerah kasus positif terbanyak di Banjarmasin. “Di Pekapuran Raya saat ini tinggal 1 kasus positif saja dengan 7 orang meninggal , dan 80 sembuh Covid,” kata Widi.

“Kami berharap juga partisipasi masyarakat dalam pembentukan KTB Pekapuran, tanpa dukungan masyarakat upaya memutus mata rantai penularan Covid tak akan berhasil,” ungkap Widi.

Lurah Pekapuran Raya Riza Firmani mengatakan pembentukan KTB adalah cara efektif mendorong disiplin protokol kesehatan di masyarakat sekaligus kampanye membudayakan hidup sehat dan bersih.

“Kami harapkan dengan dibentuknya KTB, kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan meningkat dan dapat memutus penularan Covid 19,” ujar Riza. (adpim/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya