Tambahan Kasus Baru dari Swab Masif 1,7 Persen

Banjarbaru, KP – Berdasarkan laporan sementara pelaksanaan swab masif dengan target 10 ribu sampel yang dimulai sejak 14 Agustus lalu, angka positif 193 orang atau positif rate 1,7 persen
Juru Bicara GTPP Covid-19 Kalsel, HM Muslim, menambahkan secara kuantitas swab masif sudah melebihi ekspektasi dengan mencapai 11.359 orang sampai 17 Agustus lalu.


Secara kualitas, menurut Muslim, pihaknya masih belum dapat memberikan data akurat, karena proses pemeriksaan di 5 laboratorium PCR masih berlangsung hingga saat ini, dan baru sekitar 1 persen lebih yang sudah diketahui hasilnya.

Sejumlah daerah juga masih terus melakukan tes swab masif untuk mengejar target kuota sasaran swab.

Berita Lainnya
1 dari 977
Loading...

“Seperti Batola dan Kotabaru, hari ini mereka masih terus jalan untuk melakukan swab masif. Kita perkirakan proses swab ini berakhir pada 19 Agustus mendatang. Hasil PCR rata-rata 2 hari untuk setiap spesimen, maka baru akan diketahui hasilnya pada 23 atau 24 Agustus mendatang,” tambahnya.

Muslim memastikan 5 laboratorium PCR yang ada di Kalimantan Selatan, bekerja tanpa libur memeriksa belasan ribu spesimen yang masuk untuk mendapatkan hasil sesuai jadwal yang diharapkan. Maksimal 2 hari setelah spesimen diambil dari target atau sasaran.

Sementara untuk tempat karantina, juga dipastikan siap menampung kasus positif tanpa gejala yang ditemukan dari tes swab masif ini, begitu pula rumah sakit rujukan yang ada di Kalimantan Selatan. 


“Hari ini (18/8) tambahan kasus baru berjumlah 40 orang, pasien sembuh 44 orang, dan tidak ada yang dilaporkan meninggal dunia. Secara keseluruhan kasus covid-19 berjumlah 7.281 terdiri dari 2.287 dalam perawatan, 4.668 sembuh, dan 326 meninggal,” kata Muslim.(mns/K-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya