Walikota H Ibnu Sina Minta Dijaga Ikon Sungai Biuku

Banjarmasin, KP – Rutinitas gowes bareng ASN dan komunitas sepeda Kota Banjarmasin yang dilakukan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, hari Minggu (09/08) terlihat sedikit berbeda dari biasanya.

Pasalnya, kegiatan yang mengambil start di halaman rumah dinas walikota itu, selain melintasi beberapa ruas jalan kota berjuluk seribu sungai, rombongan juga mengunjungi destinasi wisata Sungai Biuku, yang terletak di kawasan Sungai Andai Ujung (Salanjung), Kecamatan Banjarmasin Utara.

Menariknya lagi, di kawasan wisata tersebut, pemimpin Kota Banjarmasin ini menyumbangkan seekor hewan biuku, untuk dikembangbiakan pengelola destinasi tersebut. “Mudah-mudahan bisa menjadi ikon Sungai Biuku, dan mudah-mudahan bisa dipelihara oleh warga. binatang ini termasuk yang dilindungi, sehingga mari dijaga, jangan sampai Biuku punah di Banjarmasin atau tinggal nama saja, Kampung Sungai Biuku,” ujarnya, saat menyerahkan hewan tersebut .

Dijelaskannya, Kampung Sungai Andai Ujung (Salanjung) merupakan salah satu kawasan alami dan tematik, dimana terdapat sebuah aliran anak sungai berasal dari Sungai Martapura, Banjarmasin yang diberi nama Sungai Biuku.

Kampung tersebut, kini sedang dikembangkan menjadi satu dari sepuluh destinasi wisata yang ada di Kota Banjarmasin. “Ini adalah salah satu destinasi baru di Kota Banjarmasin dari 10 destinasi yang baru di Kota Banjarmasin untuk tujuan pariwisata,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.447
Loading...

Pengembang biakan biuku di kawasan ini, kata H Ibnu Sina lagi, sudah mendapat persetujuan dan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalsel.

Untuk itu, ia berharap, dengan dikembangbiakannya hewan tersebut di kawasan tersebut, maka akan lebih mengembalikan ikon Sungai Biuku, yang dahulunya memang terdapat cukup banyak hidup diperairan tersebut. “Pada kesempatan ini ulun mengucapkan terima kasih. Momentum ini untuk mengembalikan ikon Sungai Biuku. Tolong dijaga, supaya tetap hidup dan menjadi ikon bagi Sungai Biuku,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hewan biuku adalah hewan sejenis kura-kura hidup di air payau yang memiliki nama latin Batagur Baska atau Batagur Affinis.

Aktivitas hewan ini lebih sering di air, hanya sesekali muncul ke daratan untuk berjemur atau bertelur.

Hewan Biuku mempunyai peranan penting dalam menjaga keseimbangan habitat sungai.

Keberadaannya kini semakin langka akibat perburuan dan serangan predator. (vin/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya