Warga Diminta Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Paringin, KP – Kasus Covid-19 terus mengalami penurunan. Bupati Balangan, H Ansharuddin mengingatkan warganya agar tetap waspada dan menaati protokol kesehatan.

“Alhamdulillah, Balangan sejak beberapa hari lalu tidak ada kasus konfirmasi positif Covid-19. Tentu saya sebagai kepala daerah dan ketua tim gugus tugas menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan masyarakat Bumi Sanggam yang berada di garda terdepan sehingga tidak ada kasus positif Covid-19,” katanya, Senin (03/08).

Ansharuddin menilai, kondisi tersebut dikarenakan efektifnya isolasi dan kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Ini disebabkan efektifnya isolasi dan semakin menigkatnya kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan yang telah disosialisasikan kepada mereka oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Balangan dan pihak lainnya yang terus membantu,” ujarnya.

Dikatakan Anshar, dengan tren kasus yang sudah menurun, maka kedisiplinan masyarakat harus tetap dijaga.

“Kuncinya penegakan kedisiplinan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan sesuai instruksi Bapak Presiden kepada Bapak Panglima TNI dan Kapolri,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Anshar, Pemkab dan gugus tugas juga akan terus mensosialisasikan kepada masarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan setiap saat dan dimanapun.

“Kesemuanya itu demi memutus mata rantai Covid-19, khususnya diwilayah Balangan,” tegasnya.

Orang nomor satu di Balangan dan ketua tim gugus tugas juga berpesan kepada seluruh warga Kabupaten Balangan untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan dalam berbagai kondisi dalam rangka memasuki era new normal.

Berita Lainnya
1 dari 280
Loading...

“Kepada seluruh masyarakat agar semakin disiplin untuk bermasker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak,” tutupnya.

Sementara dalam laporan hariannya, Dinas Kesehatan Balangan merilis Laporan pemantauan kasus covid19 di kabupaten Balangan, Senin 3 Agustus 2020, untuk probable 0, suspek 6 orang, positif covid-19 : 281 orang, dalam perawatan 30 orang yakni di RSUD Balangan 11 orang, karantina mandiri 16 orang dan masih proses karantina 3 orang. Sedangkan untuk sembuh 247 orang dan meninggal 4 orang.

“Untuk suspek di Balangan ada 6 kasus dan pasien sembuh berjumlah 247 orang,” ungkap jurubicara Tim gugus tugas Covid-19 Balangan, Syarifuddin T.

Kondisi tersebut tidak menjadikan tim gugus tugas penanggulangan Covid-19 Kabupaten Balangan kendur melaksanakan pengawasan. Pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap penyebaran virus Covid-19.

“Kita terus gencarkan sosialisasi new normal. Ini dilakukan pada setiap acara atau kegiatan harus selalu mengacu pada protap kesehatan, pakai masker, cuci tangan dan pshyical distancing mesti selalu dilakukan,” tuturnya.

Terpisah, Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan meminta agar Tim Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Balangan agar tidak lengah.

Pasalnya, kata Fauzan sapaan akrab Ketua DPRD Balangan, saat ini seluruh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Balangan untuk kesembuhannya ada mengalami peningkatan.

“Walaupun tingkat kesembuhan positf Covid-19 meningkat, tapi jangan sampai membuat tim gugus tugas Covid-19 kita lengah,” katanya.

Kata dia, saat ini pasien probable 0 tapi suspek masih ada yakni 6 orang. Karenanya, ia meminta itu bisa terus dipantau.

“Kita masih ada beberapa pasien suspek. Jadi kehati-hatian dan kewaspadaan tetap harus kita perhatikan dan kita utamakan,” katanya.

“Dan masyarakat juga jangan menganggap bahwa dengan nol kasus probable Covid-19 ini lalu pandemi sudah berakhir, tidak. Karenanya, taatilah protokol kesehatan Covid-19 agar Balanganbisa tetap aman dari Covid-19,” imbuhnya. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya