Warga Kapuas Serahkan Lima Pucuk Senpi Rakitan

Kuala Kapuas, KP – Masyarakat di dua desa di Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menyerahkan senjata api (Senpi) rakitan jenis laras panjang sebanyak 5 pucuk, kepada Polisi, Kamis (27/8/2020).

Kapolres Kapuas, AKBP Manang Soebeti mengucapkan terimakasih atas peran serta warga yang ikut menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif khususnya dalam rangka pengawasan senjata api rakitan yang ilegal di Wilayah Hukum Polres Kapuas.

Ini disampaikan Kapolres, saat penyerahan lima pucuk senjata rakitan di Aula Kantor Mapolres Kapuas, yang diserahkan oleh Kepala Desa Tumbang Muroi, Nanang Karyadi dan Sekretaris Desa Tumbang Mangkutub, Surianto kepada Kapolres Kapuas, AKBP Manang Soebeti, Kamis (27/8/2020).

Kegiatan penyerahan senjata api rakitan secara sukarela oleh masyarakat melalui Aparat Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan Mantangai kepada Polres Kapuas saat itu, juga di berikan piagam penghargaan oleh Kapolres Kapuas kepada Kepala Desa Timbang Muroi dan Sekdes Tumbang Mangkutup Kecamatan Mantangai.

“Senpi rakitan yang diserahkan ini, selanjutnya kita simpan di gudang senjata Polres Kapuas untuk menunggu proses pemusnahan,” kata Manang.

Berita Lainnya
1 dari 940

Dalam penyerahan tersebut, dihadiri oleh Kapolres Kapuas Manang Soebeti, Plt. Sekda Kapuas Septedy, Pasiops Kodim 1011 KLK, Ketua KPU Kapuas Jamilah Maisura, Wakapolres, Para Kabag, Kasat, Para Kapolsek Jajaran Polres Kapuas, perwira dan anggota yang terlibat dalam Latpraops Mantap Praja Telabang 2020.

“Sekali lagi kita ucapkan terimakasih kepada masyarakat dan aparat pemerintahan desa setempat yang telah beperan serta menciptakan situasi Kamtibmas di daerah setempat,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, menyimpan dan menguasai senpi tanpa izin pihak berwenang diatur UU Darurat No 12 tahun 1951 tentang Senjata Api. Bagi yang melanggar, diancam kurungan penjara maksimal 20 tahun penjara.

Oleh karena itu, AKBP Manang Soebeti mengimbau, kepada warga lain yang memiliki dan menyimpan senpi ilegal untuk segera menyerahkan ke pihak berwenang. “Apa yang sudah dilakukan warga tersebut harus ditiru,” katanya.

Sebab, ingatnya, pihaknya tidak akan segan-segan memproses warga yang kedapatan menyimpan dan memiliki senpi, apalagi sampai menyalahgunakannya. “Bagi yang kedapatan, kita pastikan akan dikenakan hukum yang berlaku,” sebutnya. (Al/K-4)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya