Baznas Diharap Terus Bersinergi dengan Pemkab HSS

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, menerima kunjungan silaturrahmi pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten HSS, Rabu (23/9/2020) kemarin di ruang kerjanya, Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten HSS.

Kepengurusan Baznas Kabupaten HSS, saat ini menjelang berakhir masa bakti periode 2015-2020. 

Baznas Kabupaten HSS menyampaikan laporan hasil penerimaan dana dari Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) dari tahun 2015 sampai dengan Agustus 2020.

Total ZIS diterima mencapai Rp 17.126.180.736, dan telah disistribusikan kepada para ashnaf hingga mencapai Rp. 16.072.217.282.

Disampaikan pula program yang sudah dijalankan Baznas Kabupaten HSS, selama periode 2015-2020.  

“Atas nama pemerintah dan masyarakat HSS, kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pengurus Baznas HSS periode 2015-2020, atas kerja kerasnya menjalankan organisasi mengumpulkan dana zakat dan menyalurkan kepada masyarakat HSS yang berhak mendapatkannya,” tutur Achmad Fikry.

Achmad Fikry mengatakan, selama ini Baznas bersama Pemkab HSS saling bersinergi memberikan bantuan kepada masyarakat HSS.

Berita Lainnya
1 dari 315

Dijelaskannya, dalam memberikan bantuan sekarang ini Pemerintah Daerah harus kepada penerima, atau kepada yang telah terverifikasi dan validasi datanya di Kementerian Sosial.

“Di sinilah Baznas bisa masuk, untuk memberikan bantuan kepada mereka yang belum termasuk dalam database penerima bantuan Kementrian Sosial,” ucapnya.

Saat ini kepengurusan Baznas Kabupaten HSS periode berikutnya, masih berproses di Baznas Nasional. Bupati Fikry berharap, pengurus Baznas yang akan datang bisa meneruskan dan melanjutkan perjuangan yang telah dirintis sebelumnya.

“Terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah, sehingga dana yang terkumpul melalui Baznas ini bisa betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat HSS,” pesannya. 

Ketua Baznas Kabupaten HSS, Kunur Tajeli mengatakan, pihaknya menyampaikan laporan kegiatan selama 5 tahun. Ia berujar, dalam pelaksanaan tugas tersebut merasa sangat banyak dibantu Pemerintah Daerah.

“Alhamdulillah kita di Kabupaten Hulu Sungai Selatan selama 5 tahun ini, untuk bidang pengumpulan luar biasa meningkat. Dari kurang lebih 1 miliar, dan akhir di tahun 2020 ini sudah mencapai 5 miliar. Ini luar biasa dukungan pemerintah,” ungkapnya.

Menyalurkan zakat, Baznas HSS berdasar data yang ada dimiliki oleh Dinas Sosial Kabupaten HSS. Pihaknya juga bersinergi memanfaatkan orang-orang dari Dinas Sosial dalam rangka menentukan orang-orang yang berhak menerima zakat.

Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, dan Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten HSS Muhammad Thaha turut mendampingi Bupati, dalam kunjungan silaturrahmi itu. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya