Biaya Pembuatan Pupuk Hayati Murah

Batulicin, KP – Pupuk hayati bahan baku  rumput laut  Eucheuma Cottoni, Sargassum dan Gracilaria biaya pembutanya sangat terjagkau. Pembuatan pupuk hayati melalui metode ini berkisar hanya Rp2.000 – Rp.2.500 per kg.  

Menurut Tim Koordinator Pelatihan Dinas Perikanan, A. Gafur Ariyasi saat melakakan pelatihan penerapan teknologi adaptif hasil riset pupuk hayati di Desa Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang , biaya membuat nya sangat murah dan terjangkau, karena semua bahan yang diperlukan mudah dan tersedia disini.

Lebih lanjut ujarnya, Pembuatan pupuk hayati ini ada dua hasil produk yang dihasilkan. Dua pruduk yang dihasilkan itu yaitu, pupuk hayati cair dan pupuk hayati padat, dengan waktu pembuatan selama 15 hari, proses fermentasi.

Berita Lainnya
1 dari 244
Loading...

“Biayanya sangat murah dan terjangkau bagi masyarakat yang ingin mengaplikasikannya, karena semua bahan yang diperlukan  mudah dan tersedia disini,” jelasnya.

Selain rumput laut bahan yang diperlukan, tepung ikan, tepung cangkang rajungan atau tepung kulit udang, kotoran sapi (kohe) dan abu tandan sawit juga bagian bagian bahanya.

Hasil pengolahan pupuk bisa diaplikasikan ke tanaman jahe, yang mampu mempercepat pertumbuhan dan pembentukan tunas. 

“Ini akan menjadi peluang usaha bagi masyarakat Tanah Bumbu, dan dapat menciptakan lapangan kerja baru dan menjadi pergantian dari pupuk kimia ke pupuk hayati”, ungkapnya, seraya menambahkan kegiatan serupa akan dikembangkan dan dikelola Bumdes setempat guna pengembangan usaha masyarakat wilayah itu tandasnya. (han)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya