Bupati HSS Jadi Bintang Tamu di Pentas ‘Lasmin Baruya’

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry menjadi bintang tamu dalam acara pentas ‘Lasmin Baruya’, Kamis (24/9/2020) di Halaman Belakang Museum Rakyat HSS, Tibung Raya, Kecamatan Kandangan.

‘Lasmin Baruya’ merupakan acara dialog yang dikemas dalam bentuk pertunjukan. ‘Lasmin’ artinya warung, dan ‘baruya’ artinya Pembicaraan. Jadi, sesuai namanya, pertunjukan disetting seakan-akan seperti pembicaraan dalam sebuah warung minum.

Para seniman memerankan berbagai tokoh dengan penuh improvisasi, serta sesekali melontarkan candaan atau lawakan. Meski tanpa naskah, Bupati Achmad Fikry mampu mengimbangi peran dan menikmati bincang-bincang.

Tema obrolan yang dibahas di acara itu, mengangkat tema mengenai pelaksanaan Perbup HSS nomor 44 tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan Covid-19.

Bupati HSS, Achmad Fikry mengaku bersyukur telah terlibat sekaligus menikmati kegiatan ‘Lasmin Baruya’ itu.

Achmad Fikry berpesan, untuk mempertahankan media komunikatif antara Pemkab HSS dengan masyarakat seperti ‘Lasmin Baruya’ itu.

Berita Lainnya
1 dari 315

Menurut Fikry, lasmin merupakan tempat berkumpulnya orang-orang. Sehingga di sana bisa menyampaikan berbagai informasi.

Bukan tugas pemerintah saja, untuk menyampaikan informasi. Sehingga, lasmin dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, berkaitan yang sekarang ini terjadi yakni Covid-19.  

“Tadi saya sempat berpesan kepada Acil (tokoh pemilik warung dalam pentas itu, red) untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, serta menyebarluaskan informasi yang terkait dengan Covid-19 kepada pelanggannya,” tutur Achmad Fikry.

Achmad Fikry mendukung penuh kegiatan itu, ia berharap kegiatannya terus dapat berlanjut.  Pemerintah ujarnya, dalam posisi memfasilitasi dan mempersilakan kepada seniman untuk tetap berkreatifitas.

Lasmin Baruya digagas Dewan Kesenian Daerah (DKD), bersama Komunitas Pecinta Seni Budaya (Kompas Budaya) HSS, yang berada di bawah binaan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten HSS. 

Turut mendampingi Bupati, Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten HSS Moh Zakir Maulidi.

Kegiatan itu, turut disaksikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten HSS Siti Erma, Sekretaris Dinas Pendidikan Naparin, dan Kepala Bidang Kebudayaan Sri Wiyono. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya