Bupati Pulang Pisau Ajak Insan Pers Ciptakan Suasana Kondusif

Pulang Pisau, KP – Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo didampingi Kadis Kominfo Moh Insyafi menggelar pertemuan dengan insan pers yang bertugas di Kabupaten Pulang Pisau. Pertemuan itu digelar di Cafe Bunda Jalan Panunjung Tarung Pulang Pisau, Selasa (22/9).

Selain silaturahmi, dalam pertemuan tersebut Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo mengajak insan pers untuk melawan konten hoax yang mengarah pada ujaran kebencian, menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 ini.

” Jurnalis dari berbagai media yang bertugas di Kabupaten Pulpis hendaknya berperan aktif menciptakan Pilkada damai, dengan menyajikan informasi atau berita benar-benar akurat. Hal itu untuk menangkal konten hoax, karena ujaran kebencian melalui hoax cenderung dimanfaatkan dalam kampanye hitam untuk menyerang lawan politik, ” kata Edy Pratowo

Menurutnya, media sosial rentan terhadap hoax dan ujaran kebencian akibat para oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkannya untuk memecah perdamaian di daerah, sehingga kalau dibiarkan bisa menimbulkan perpecahan di masyarakat.

Berita Lainnya
1 dari 121

Untuk itulah, lanjutnya, ia meminta kepada seluruh jurnalis dari berbagai media di Bumi Handep Hapakat untuk tetap menjaga netralitas dan profesionalitas dalam menyajikan berita, agar wilayah Kabupaten Pulpis situasinya tetap kondusif baik itu mulai tahapan awal sampai akhir pemilihan nantinya.

“Jurnalis adalah salah satu pilar menyukseskan Pilkada Tahun 2020 ini, khususnya melawan konten hoax atau ujar kebencian, agar masyarakat bisa menyaring sekaligus menepis informasi yang berbau fitnah maupun hasutan kebencian,” ujarnya

Bupati mengungkapkan, seluruh masyarakat lebih cerdas dan tidak menelan mentah-mentah informasi tanpa melakukan penelusuran tentang kebenarannya demi menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Seluruh elemen masyarakat jangan mudah terprovokasi dengan berita atau konten hoax (bohong) termasuk tidak melakukan perbuatan melanggar hukum melalui konten hoax dan ujaran kebencian, guna terciptanya situasi yang damai, aman dan kondusif,” pungkasnya. (sgt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya