Bupati Tapin Inginkan Kebun Cabe Rawit Hiyung Berskala Besar

Rantau, KP – Seiring dengan perkembangan zaman dan permintaan cabe dipasaran semakin bertambah dan banyak daerah  bupati berharap tanaman cabe  ini bisa diperluas.

Karena itu ia memintanya kepada para memudahkan para petani cabe Hiyung untuk menanam dan memanen lebih banyak lagi, 

Untuk memperluas areal tanaman cabe ini pemerintah Kabupaten Tapin berencana akan membangun jalan Tani selebar 9 Meter. 

Hal ini terungkap setelah Bupati Tapin didampingi Kepala Dinas PUPR H Yustan Azidin lakukan monitoring ke perkebunan cabe Hiyung yang terletak di desa Hiyung kecamatan Tapin Tengah, Senin (31/08/2020) kemarin. 

Menurut Bupati Tapin HM Arifin Arpan bahwa dibangunnya jalan tani ini tidak lain untuk memudahkan para petani menuju area perkebunan cabe Hiyung baik untuk menanam maupun memanen hasil kebun milik mereka. 

Berita Lainnya

Lensa Foto Tapin

Kantor Unit Layanan Paspor Resmi Dibuka di Tapin

1 dari 149
Loading...

“Hal ini agar para petani dapat lebih mudah membawa hasil kebunnya,” Tandad Bupati. 

Menurut bupati lagj tidak hanya itu cabe Hiyung sendiri saat ini sudah dikenal secara luas baik lokal, nasional hingga Internasional. Setelah sebelumnya cabai Hiyung berhasil masuk sinovik top 45.

Cabai Hiyung menerima permintaan ekspor ke beberapa negara diwilayah asia dan negara lainnya, sehingga infrastruktur perlu kita tingkatkan untuk menunjang pengembangan cabai Hyung di Tapin. 

“Mudah – mudahan dengan dibangun akses jalan tani ini dapat meningkatkan luas area tanaman cabai Hiyung,” harapnya.

Sementara itu kepala dinas PUPR H Yustan Azidin  menjelaskan bahwa pembangunan jalan tani desa Hiyung akan dibagi dua tahap yaitu, pada tahun 2020 akan dibangun jembatan terlebih dahulu. Dan pada tahun 2021 akan dilakukan pembebasan lahan dan pengurukan tanah hingga pengerasan. 

“Jalan sendiri saat ini memiliki lebar 4 meter, namun karena masih memiliki lahan yang luas akan kita tambah menjadi 9 meter,” pungkasnya. (ari/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya