Dewan Berharap Program Normalisasi Sungai Veteran Dilanjutkan

Banjarnasin, KP – Pandemi wabah virus corona (Covid-19) tampaknya juga cukup berdampak terhadap rencana Pemko Banjarmasin melanjutkan proyek normalisasi di sepanjang Sungai Veteran.

Padahal sebelumnya beberapa waktu lalu, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengagetkan tahun 2020 ini normalisasi Sungai Veteran harus sudah selesai.

Ibnu Sina mengatakan Sungai Veteran saat ini dalam perencanaan proses normalisasi, lokasi yang dulunya bangunan permukiman warga berdiri di atas jalur hijau itu juga sudah dibebaskan untuk proyek normalisasi sungai tersebut.

” Pemko Banjarmasin mentargetkan tahun 2020 nanti normalisasi Sungai Veteran sudah selesai dikerjakan, ” ujarnya beberapa waktu lalu disela kegiatan Welcome Dinner City Sanitation Summit (CSS) XIX AKKOPSI Tahun 2019,

Belum ada tanda- tanda diteruskannya kelanjutan proyek normalisasi Sungai Veteran ini mendapat perhatian anggota Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Eddy Junaidi.

Kepada sejumlah wartwan, Rabu (2/9/2020) ia mempertanyakan, mengapa hingga kini proyek lanjutan Sungai Veteran tak kunjung dikerjakan.

” Apalagi jika sungai itu saat ditumbuhi Ilung atau Enceng Gondok.Meski melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) membidangi sungai sudah sering membersihkannya ” ujar anggota komisi III dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Berita Lainnya
1 dari 1.409
Loading...

Eddy Junaidi menyebut proyek ini sudah direncanakan sudah cukup lam. Bahkan, proses pembebasan lahan warga pun sudah selesai.

Tak ingin proyek ini berhenti Eddy meminta, agar intansi terkait dapat melanjutkan proyek untuk mempercantik kota berjuk seribu sungai ini itahun 2021 mendatang.

Sebelumnya ia mengakui, akibat pandemi wabah virus corona (Covid-19) banyak anggaran yang sudah dialokasikan anggaran tahun 2020 ini terpangksa dan dialihkan untuk mempercepat penganan virus corona.

Menurutnya, Pemko Banjarmasin, Pemerintah Provinsi (Pemprov), serta Balai Wilayah Sungai Kalimantan II kiranya bisa duduk bersama untuk mencari solusi jika kendala pendanaan yang dihadapi dalam penyelesaian proyek ini.

“Kita harapkan di 2021 nanti kembali dikerjakan agar tujuan awal dari dilaksanakannya normalisasi Sungai Veteran menjadi kenyataan, ” ujarnya.

Eddy Jubaidi memaparkan, kewenangan Sungai Veteran bukan menjadi tanggungjawab Pemko Banjarmasin. Tapi juga dengan Balai Wilayah Sungai dan status jalan milik Pemerintah Provinsi Kalsel, sedangkan Pemerintah Kota hanya lahannya dan melakukan pembebasan.

Panjang Sungai Veteran yang akan dinormalisasi mencapai 3,5 kilometer dengan kedalaman sungai setelah dikeruk nantinya mencapai empat meter agar bisa dilalui transportasi sungai.

Sesuai Desain Engenering Develoment (DED) yang telah dibuat, lebar Sungai Veteran setelah dinormalisasi mencapai tujuh meter dan akan diapit dua ruas jalan. (nid/k-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya