Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65
Kapolda Kalsel : Program Lalu Lintas Harus Memenuhi Keinganan Masyarakat

POTONG TUMPENG – Syukuran Hari Lalu Lintas ke-65 di Mapolda Kalsel dan Mapolresta Banjarmasin dengan ditandai pemotongan tumpeng. (KP/Aqli-Yuli)

Banjarmasin, KP – Peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65 Tahun 2020, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Kapolda Kalsel), Irjen Pol Dr Nico Afinta SIK SH MH, tekankan program yang dibuat hendaknya bisa memenuhi keinginan di masyarakat.

“Memang sekarang dalam perkembangannya, banyak inovasi dari jajaran Lalu Lintas membuat program memenuhui keinginan masyarakat. Dan ini hampir seluruh di Indonesia,” kata kapolda, kepada wartawan, disela acara di Aula Mathilda Batlayeri Polda Kalsel, Selasa (22/9/2020).

Kapolda didampingi Direktur Lalu Lintas, Kombes Pol Andi Nizar, Kabid Humas, Kombes Pol M Rifai mengatakan, banyak inovasi program yang dibuat demi memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Misalnya, sekarang ada E-Tilang, kemudian pelayanan pengawalan, perpanjangan SIM ataupun bayar pajak yang bisa dilakukan meski berada di luar provinsi.

“Kita selalu minta agar memberikan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat, termasuk kepedulian terhadap terdampak Covid-19,” kata kapolda.

Sementara Kombes Pol Andi Nizar mengatakan, sesuai fungsi dan guna mempermudah masyarakat, maka pihaknya tidak pernah berhenti berinovasi dalam menciptakan layanan berbasis IT (Informasi-Teknologi).

Selama 1 tahun terakhir Dit Lantas Polda  Kalsel telah berinovasi dengan adanya Aplikasi SAMOLNAS, Samsat Online Nasional untuk memudahkan pembayaran pajak kendaraan, kemudian Aplikasi E- Samsat, Etle (Electronic Trafic Law Inforcement) untuk penegakan hukum jalan raya secara online.

Lalu aplikasi Ditlantas Mobile dengan tujuan baik yang mengalami kejadian laka lantas, pelayanan PJR Fitur, fungsinya bila masyarakat membutuhkan pengawalan dan pengaturan.

Serta Ditlantas Mobile Ditambah Fitur SP2HP Lantas mempermudah masyarakat memantau perkebangan hasil penyidikan.

“Samsat Fitur juga mempermudah masyarakat untuk melakukan registrasi tanpa mengantri lama. Termasuk pengaduan fitur sebagai wadah masyarakat berkeluh atas pelayanan yang telah dilaksanakan Dit Lalu Lintas Polda Kalsel,” jelas dia.

Berita Lainnya
1 dari 941

Bahkan diciptakan dan dikembangan aplikasi oleh Aipda Ronald L Sidauruk,  H BANIT SIE LAKA SUBDIT GAKKUM. Dan atas prestasinya menghantarkan juara III dalam melakukan pendataan kecelakaan lalu lintas Online (IRSMS) Tahun 2019 kategori Polda Tipe B, yang diselenggarakan Korlantas Mabes Polri.

Pada HUT tersebut, dilakukan potong tumpeng oleh kapolda diberikan kepada anggota Polwan yang junior dan paling senior.

Serta penghargaan kepada AKP Didik Yudi P SH, kasat Lantas Polres Balangan atas prestasinya mengungkap kasus peredaran narkoba.

[]Polantas Diminta Berbenah Sesuai Era Digital

Terpisah, di hari yang sama jajaran Polresta Banjarmasin menggelar Syukuran HUT Korps Lalu Lintas Polri ke-65 di ruang Rupatama Polresta Banjarmasin.

Mengangkat tema ‘Road Safety Policing : Implementasi E-Policing Pada Fungsi Lalu Lintas di Era Digital’, perayaan HUT diawali dengan pemotongan nasi tumpang oleh Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan didampingi Kasat Lantas AKP Gustaf Adolf Mamuaya, selanjutnya potongan tumpeng diserahkan kepada salah satu anggota Sat Polresta Banjarmasin.

Kombes Pol Rachmat Hendrawan berharap, tema HUT ini mampu diimplementasikan dengan baik, karena merupakan penjabaran dari program prioritas Polri.

“Polisi lalu lintas (Polantas) dapat terus berbenah dalam memberikan pelayanan sesuai dengan perkembangan dan kemajuan zaman,” katanya.

Menurut dia, tugas Polantas sangat mulia dan ke depan memiliki tantangan sangat berat sebagai penjaga kehidupan. Salah satunya adalah memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran berlalu lintas.

Sementara itu, AKP Gustaf Adolf Mamuaya berharap, dengan bertamabahnya usia Korp Lantas, masyarakat lebih tertib dalam berkendara.

“Semoga masyarakat lebih mematuhi peraturan berlalu lintas di jalan raya serta menaati protokoler kesehatan pada masa pandemi Covid-19 ini,” tuturnya. (yul/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya