Imberan, juara catur Harjad
Kota Banjarmasin ke 494

Kejuaraan Catur Cepat Terbatas, memeriahkan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 494 tahun 2020, berlangsung lancar dengan protocol kesehatan yang ketat.

HM Amin serahkan trophy. (Kp/nafarin fauz)

Banjarmasin, KP – Pecatur senior Imberan merebut gelar juara 1 kejuaraan catur yang digelar Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) Kota Banjarmasin. Posisi kedua dank e tiga ditempati Abu Ali dan Abi Dzar.

Konsep outdoor dipilih oleh Pengurus Kota Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengkot Percasi) Banjarmasin, dalam menggelar Kejuaraan Catur Cepat Terbatas, Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-494 2020 yang berakhir Ahad (27/9).

Kejuaraan digelar di lokasi di taman Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kayu Tangi Banjarmasin, agenda kejuaraan catur tersebut diikuti sedikitnya 50 pecatur se-Kota Banjarmasin.

Ketua Umum Pengkot Percasi Banjarmasin, Sudrajat menjelaskan pihaknya memilih konsep ini sebagai upaya menerapkan protokol kesehatan. “Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 masih melanda. Oleh karena itu, lebih baik kami adakan kejuaraan catur ini di lokasi outdoor. Tujuannya, supaya lebih mudah bagi peserta dalam melakukan jaga jarak atau social distancing. Kalau di dalam ruangan, maka potensi berkerumun lebih besar,” ujar Sudrajat.

Berita Lainnya
1 dari 248

Ditambahkan Sudrajat yang didampingi Sekretaris Percasi B.Masin M Syarif, selain jaga jarak, para pecatur juga wajib mencuci tangan dan selalu mengenakan masker pada saat memasuki arena pertandingan catur. “Sebenarnya, ada 300 lebih pecatur yang ikutan ajang ini. Namun, sebelumnya kami seleksi dulu di kompetisi catur virtual. Sehingga, hanya tinggal sekitar 60 pecatur terbaik yang boleh ikutan di kejuaraan ini, dan semuanya pecatur dari Banjarmasin, ” sebutnya.

Di sisi lain, Sudrajat menceritakan kejuaraan catur dalam rangka Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-494 ini didukung penuh oleh Pemkot Banjarmasin dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Banjarmasin.

“Ke depan, kami juga akan mengagendakan kejuaraan catur lainnya, baik secara virtual atau konvensional. Tentunya, dengan menerapkan protokol kesehatan supaya terhindar dari virus Covid-19,” pungkas Sudrajat, yang salah satu pejabat tinggi di PDAM Bandarmasih Banjarmasin.

Ketua Percasi Kalsel, HM Amin memuji penyelenggaraan kejuaraan catur yang menerapkan protocol kesehatan ketat, sehingga dinilai benar-benar aman.

‘’Apa yang sudah dilaksanakan Pecasi Banjarmasin ini, mungkin bias di contoh Percasi lainnya di Kalsel, yang mungkin berkeinginan menggelar pertandingan catur secara konvensional,’’ kata HM Amin yang memang dikenal sebagai penggemar berat catur sebagai olahraga asah otak tersebut.

Juara Catur Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-494 2020 :

  1. Imberan
  2. Abu Ali
  3. Abi Dzar
  4. A Riza
  5. Ilham
  6. Burhan
  7. Amat Boy
  8. Galang Wardhana. (nets/nfr/k-9)
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya