Iklan
Iklan
Iklan
Barito Selatan

Masyarakat Barsel di Sejumlah Kecamatan Disuluh Karhutla

×

Masyarakat Barsel di Sejumlah Kecamatan Disuluh Karhutla

Sebarkan artikel ini
Alip Suraya. (kp/ist)

Buntok, KP – Masyarakat di sejumlah kecamatan Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, diberi penyuluhan dalam upaya mencegah dan menangani terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Sosialisasi ini telah kita laksanakan di sejumlah kecamatan di daerah ini,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Selatan Alip Suraya, Jumat (25/9/2020) di Buntok.

Android

Ia juga menjelaskan, sebelum di Kecamatan Dusun Selatan, pihaknya juga sebelumnya telah melaksanakan sosialisasi di Kecamatan Jenamas dan Dusun Hilir, serta di Kecamatan Gunung Bintang Awai.

Untuk sosialisasi di Kecamatan Dusun Selatan diikuti sebanyak 150 peserta, namun untuk menjalankan protokol kesehatan, sosialisasi dan penyuluhannya dibagi menjadi lima sesi dan setiap sesi diikuti 30 orang.

“Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, masyarakat di Barito Selatan ini akan mengetahui, mengenal langkah-langkah dan pada saat dilapangan dapat menanggulangi karhutla,” Alip.

Sementara Kasi Pencegahan dan kesiapsiagaan pada BPBD Barito Selatan, Asriwati mengatakan maksud dilaksanakan kegiatan ini untuk menambah pengetahuan, wawasan dan kemampuan bagi masyarakat dalam melakukan penanganan pra bencana.

Adapun tujuan dari kegiatan ini lanjut dia, untuk memberikan petunjuk, arahan dan keterampilan mengenai upaya kesiapsiagaan dalam menangani bencana karhutla maupun dalam menghadapi berbagai bentuk bencana karhutla di daerahnya masing-masing.

“Sosialisasi dan penyuluhan tentang pencegahan dan penanggulangan karhutla di Kecamatan Dusun Selatan ini dilaksanakan dari 23 hingga 25 September 2020,” tambah Asriwati.

Ia menyampaikan, untuk narasumber dalam kegiatan ini yakni Kepala BPBD, dan dari Polres Barito Selatan, dan Kodim 1012 Buntok.

Kegiatan penyuluhan dibagi menjadi lima kelompok dalam upaya menjalankan protokol kesehatan mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Adapun materi dalam penyuluhan ini yakni terkait kebijakan-kebijakan pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Selatan terkait hal itu.

Peran serta Polres Barito Selatan dalam penanganan bencana karhutla dan payung hukumnya, dan materi ke berikutnya mengenai peran Kodim 1012 Buntok dalam penanganan karhutla. (yld/K-10)

Iklan
Iklan