Ormas Dayak Diminta Sukseskan Pilkada Kalteng

Dengan kebersamaan Dewan Adat Dayak (DAD) di Provinsi Kalteng, diharapkan ormas Dayak ikut berperan menjaga dan menyukseskan Pilkada.

PALANGKA RAYA, KP — Menghadapi Pilkada awal Desember 2020 mendatang dan kian meningginya tensi politik di Kaltenb, Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng menggelar pertemuan dengan organisasi masyarakat Dayak.

Kegiatan dilaksanakan diPendopo Kantor DAD Kalteng Jalan RTA.Milonono, akhir pekan tadi di Palangka Raya, diikuti puluhan pimpinan ormas Dayak di Kalteng.

Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran menyatakan pertemuan untuk menjalin kebersamaan ormas Dayak se Kalteng digagas DAD bersama Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak Kalteng (BATAMAD) Pimpinan Yuandreas.

Dengan kebersamaan itu, diharapkan Ormas Dayak ikut berperan menjaga dan menyukseskan Pilkada. Dikemukakan, DAD tidak berpolitik tetap netral.

Berita Lainnya
1 dari 302

Berbeda pilihan dan dukungan itu lah ciri khas masyarakat Dayak meski tinggal di satu rumah, papar Agustiar. Tetapi tetap rukun tanpa membedakan ras dan agama, tambahnya.

Diakuinya mengurus DAD bukan perkara mudah seperti mengurus ormas laimnya. Pasalnya yang diurus termasuk hal-hal kecil. Untuk itu pengurus adat harus memiliki pengetahuan dan wawasan terkait hukum adat Dayak.

Untuk meningkatkan kemapukan sumber daya manusia (SDM) Dayak seperti mantir adat, Damang Kepala Adat akan diberi pelatian.

Disisi lain terkait peran masyarakat adat dalam keterlibatan pembangunan politik, diharapkan tokoh adat dan masyarakat, bahkan generasi mudanya harus melek dan ikut berpolitik.

Bila warga Dayak ingin maju, dan bisa ikut dalam kepemimpinan nasional dan daerah, wajib paham dan terlibat dalam dunia politik, terang Anggota DPR RI Dapil Kalteng dari fraksi PDI-Perjuangan itu. (drt/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya