Pangdam VI/Mulawarman
“Baru Kali ini Saya Berbaret Langsung Dipasangkan Kapolda”

harus bisa selalu bersama-sama untuk menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah

BANJARMASIN, KP – Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto, SE, MM, M Tr (Han), yang berkunjung ‘ke Bumi Lambung Mangkurat’ juga tak melewatkan sambangi Mapolda Kalsel, Kamis (10/9).

Pangdam dan rombongan disambut Kapolda Kalsel, Irjen Pol Dr Nico Afinta SIK SH MH didampingi Wakapolda, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono berserta pejabat utama, dan pertemuan di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri.

Dalam kegiatan kunjungan kerja juga dilaksanakan penyematan Baret Bintang 2, penyerahan tongkat komando serta piagam “Komandan Kehormatan Harkamtibmas kepada Pangdam VI/Mulawarman oleh Kapolda Kalsel.

Pada kesempatan itu Kapolda menyampaikan, seluruh jajaran merasa bangga kepada Pangdam VI /Mulawarman beserta rombongan.

“Karena di sela kesibukan dapat hadir di tengah-tengah kita semua,” ucap kapolda.

Disampaikan pula, Polda Kalsel kini memfokuskan terhadap tiga agenda diantaranya penanganan covid 19, penanggulangan karhutla dan juga pengamanan pemilu.

Terkait penanganan covid 19 Polda Kalsel telah mengambil lima langkah strategis, yaitu penambahan alat uji PCR, penambahan rumah isolasi mandiri dan kapasitas rumah sakit, peningkatan jumlah kampung tanggung banua, melakukan operasi penegakan disiplin dan efesiensi anggaran.

Soal penanggulangan karhutla, lanjut kapolda, strategi yang sudah laksanakan yaitu giat preemtif berupa penyebaran maklumat, pemasangan spanduk, imbauan, sosialisasi ke tokoh agama, masyarakat dan tokoh adat setempat tentang bahaya karhulta.

Berita Lainnya
1 dari 870
Loading...

Dalam giat preventif selalu menggandeng unsur TNI untuk melaksakanan patroli dialogis hingga pelosok desa, untuk meminimalisir kebiasaan masyarakat yang kerap membakar lahan.

Kemudian terkait pengamanan pilkada, mensiagakan 1.100 personil polri bersama 231 personil TNI dalam setiap tahapan, mengingat adanya pandemi covid-19, maka protokol kesehatan menjadi standar prosedur yang wajib di kedepankan.

“Semua kegiatan menjalin kerjasama dan kemitraan secara sinergis dengan pemerintah daerah, TNI, stakeholder dan seluruh elemen masyarakat,” tambah kapolda.

Dari itu pula, lanjutnya, jajaran Polda Kalsel memberikan penghargaan kepada Panglima.

“Kami menyadari peran polisi tidak dapat berdiri sendiri untuk memelihara kamtibmas. Terbukti dengan sinergitas TNI-Polri yang selama ini kita jalin, dapat menjaga kedaulatan NKRI,” ucap kapolda lagi.

Sementara Pangdam VI/Mulawarman mengatakan, dirinya sengaja memakai baret (penghargaan) ini terus.

“Karena bagi saya ini merupakan suatu kehormatan yang luar biasa dan sepanjang 32 tahun berdinas, baru bisa memakai baret ini dan dipasangkan serta disematkan langsung Kapolda Kalsel,” ucap Mayjen TNI Heri Wiranto.

Dikatakannya, selain bersilaturahmi, juga membangun sinergitas, hubungan yang terjalin dengan baik dan selalu bersinergi setiap kegiatan.

“Tadi ditayangkan beberapa kegiatan yang luar biasa, apa yang disampaikan kapolda juga bahwa bangsa ini sangat rentan dengan berbagai permasalahan yang ada di wilayah negara kita.

Karenanya kita harus sama-sama menjaga itu, ke depan harus bisa selalu bersama-sama untuk menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah,” pungkas Pangdam. (K-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya